Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Minggu, 15 April 2018 - 16:57 WIB

Wow Ara Didaulat Duta Reak Budaya Sunda



SUMEDANG – Festival Budaya Sunda di Taman Loji, Kampus ITB Jatinangor, Kabupaten Sumedang tercatat di buku Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai kegiatan yang diikuti grup dan peserta terbanyak, Ahad (15/4/2018).

Selain itu Maruarar Sirait, sebagai inisiator acara tersebut dinobatkan sebagai Duta Reak Budaya Sunda. Disebut sebagai Duta Reak Budaya Sunda, politisi PDI Perjuangan yang karib disapa Ara itu mengaku bangga dan tak menyangka. Dia tidak menyangka kiprahnya selama ini dalam turut serta memajukan seni reak di Sumedang mendapat sorotan ORI.
Menurutnya, sudah sepantasnya dirinya yang sudah 14 Tahun mewakili rakyat Sumedang di DPR RI itu memiliki perhatian khusus. Apalagi Sumedang telah mendeklarasikan sebagai Puseur Budaya Sunda, sehingga dirinya wajib mendukung hal itu agar tidak hanya sekedar wacana belaka.
“SPBS, kita tidak mau retorika. Saya telah 14 tahun menjadi wakil rakyat Sumedang, dalam setahun saya membuat event kesenian sedikitnya Sepuluh kali kegiatan. Setidaknya, event yang saya gelar itu sedikit banyak dapat memperkenalkan seni budaya Sunda yang ada di Kabupaten Sumedang di tingkat Jawa Barat maupun Nasional,” ujar Maruarar.
Ketua Dewan Pembina Sukma Sajati itu pun mengapresiasi telah lahirnya regenerasi baru dari seni reak itu sendiri. “Pada beberapa event itu, memang kita ingin memberikan semangat, spirit dan motivasi pada seniman Sunda,” sambungnya.
Bentuk keberhasilan dari regenerasi itu sebut dia, salahsatunya adanya peserta reak yang baru berusia 8 tahun.”Ini artinya terjadi regenerasi yang berhasil dalam memajukan budaya Sunda dan hari ini kita memecahkan rekor ORI dengan rekor menampilkan barong reak terbanyak dan menampilkan peserta seni reak terbanyak, dan di bulan Agustus mendatang kita akan kembali pecahkan rekor,” tambahnya.
Pantauan SUMEDANG ONLINE, pada kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sarana Olahraga Graha Satria Jatinangor itu memang mendapatkan perhatian luar biasa dari peserta. Setidaknya menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Joko Loyor diikuti 300 barong dan 3.259 peserta reak.
Diaku Joko kegiatan tersebut diinisasi oleh anggota DPR RI Maruarar Sirait SIP, yang pada saat bersamaan menggelar kunjungan kerja perseorangan di Kabupaten Sumedang. “Selain itu kegiatan ini pun sebagai bagaian dari rangkaian peringatan HUT Kabupaten Sumedang ke-440 dan HUT kecamatan Jatinangor ke-18,” kata Joko. *** FITRI

Baca Juga  Bupati Sumedang, minta data korban bencana yang valid
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Peringati Hari Pers Nasional, PWI: Ingin Wartawan Sumedang Makin Profesional

Pilihan Redaksi

Antrean di MPP Sumedang Cek Clok Tak Berurutan Dikeluhkan Warga

Pilihan Redaksi

Berkas Administrasi Bapaslon Masih Perlu Perbaikan

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Sambut HUT TNI ke-71, Kodim 0610/Sumedang gelar Upacara Ziarah Nasional

Pilihan Redaksi

Divisi advokasi Doamu Esa, Akan Laporkan Panwascam Buahdua

Pilihan Redaksi

Warga Jatigede kembali unjukrasa tuntut keadilan

PENDIDIKAN

Kemiri Sunan, dari Lab ITB untuk Kesejahteraan Umum

Pilihan Redaksi

BNPB catat selama 2017 ini ada 438 kejadian longor, masyarakat diminta waspada