Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 26 Juni 2018 - 13:26 WIB

Disnakertrans Pastikan Pekerja Pabrik di Sumedang Besok Libur

Ilustrasi

ILUSTRASI BURUH GARMEN: Ilustrasi


SUMEDANGONLINE, Kota: Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang, H Dikdik Sadikin memastikan tidak ada tempat pemungutan suara (TPS) di pabrik atau perusahaan. Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 yang menentapkan hari Rabu, 27 Juni 2018 sebagai hari libur Nasional dalam rangka hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak.

“Tidak ada TPS karena kan hari libur,” tandas Dikdik saat dikofirmasi.

Baca Juga  Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, Ancam 5 Rumah di Jatinunggal

Disinggung apakah akan ada pengawasan, dia menyebutkan pengawasan akan ada namun itu merupakan kewenangan dari pengawas tenaga kerja Pemprov Jabar.

“Ada (Pengawasan) tapi itu kewenangannya dari pengawas ketenaga kerjaan Pemprov Jabar,” tambahnya.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang telah menyebarkan surat edaran yang ditujukan kepada Ketua Apindo, Pemimpin Perusahaan, dan para ketua DPC Serikat Pekerja/Serikat Buruh di kabupaten Sumedang.

Pada poin 2 dari surat pemberitahuan tersebut disebutkan, apabila pada hari tersebut (27/6/2018) terdapat pekerja/buruh yang dipekerjakan karena sifat pekerjaan tidak dapat ditinggalkan, maka pengusaha wajib mengatur waktu kerja agar pekerja/buruh diberikan kesempatan yang cukup untuk melaksanakan pemungutan suara.

Baca Juga  Jadwal Pertandingan PORDA XIII/2018 – Selasa, 9 Oktober 2018

Poin 3, Dalam hal pekerja/buruh dipekerjakan sebagaimana dimaksud dalam butir 2 di atas maka pengusaha wajib membayar upah lembur kepada pekerja/buruh sesuai dengan ketentuan pasal 78 ayat (2) Undang-Undang 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Kep. 102/MEN/VI/2004 tentang waktu kerja lembur dan upah kerja lembur. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat memberikan penghargaan bidang lingkungan hidup Raksa Prasada 2020 kepada kabupaten/kota di Jabar yang peduli lingkungan hidup sekolah, sekolah berbudaya lingkungan atau Adiwiyata, dan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama Kabupaten/Kota di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020).

Nasional

Ini Nama Penerima Penghargaan Raksa Prasada 2020 dari Gubernur Jabar
Ratusan aparat keamanan melakukan pengawalan eksekusi pengosongan tanah dan bangunan untuk pembangunan Tol Fase 2 di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara. Selasa, 3 Agustus 2021.

Pilihan Redaksi

Ratusan Personel Keamanan Kawal Eksekusi Pengosongan Tanah dan Bangunan Terdampak Tol Cisumdawu
Longsor Dusun Cilangah RT 06 RW 05, Desa Baginda, Kecamatan Sumedang Selatan.

Pilihan Redaksi

Longsor Cilangah, Tutup Jalan Sumedang-Citengah

Pilihan Redaksi

Netizen Tanya Identitas Pasien Positif Corona, Ini Jawaban Dirut RSUD Sumedang

SUMEDANG

Bupati Sumedang Hadiri Maulid Nabi di Kelurahan Cipameungpeuk

KESEHATAN

Kabar gembira Bidan PTT akan segera diangkat jadi PNS

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Kecamatan Paseh Peringati Milangkala ke-36

DAERAH

Bengkel ban di Situ Asem ludes terbakar