Pilihan Redaksi, Politik

Fraksi PKS Gelar Diskusi Publik RUU Sumber Daya Air

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANGONLINE, JAKARTA – Fraksi PKS menggelar focus group discussion (FGD) berkaitan dengan Rencana Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) di ruang fraksi PKS DPR RI, Rabu (25/07/2017). Sebagai narasumber dalam kegiatan itu Menteri PUPR, Ir. M. Basoeki, dan H. Nurhasan Zaidi, S.Sos.I.
Dalam pemaparannya, Basoeki menyatakan semangat eksekutif dan legislatif adalah sama mengenai sumber daya air. ”Saya kira kami sepakat sekaligus menjadi amanah konstitusi untuk mengelola air demi kemakmuran rakyat,” ujarnya.
Sementara Nurhasan menyoroti regulasi untuk menghadirkan negara dalam pengelolaan air. Kata dia, masyarakat kerap kali bergemuruh ketika terjadi krisis energy namun sebut dia, krisis yang menyentuh lapisan masyarakat langsung sebenarnya krisis air. Anehnya banyak yang tidak menyoroti bahkan tidak mengetahui hal tersebut.
“Saya kira ini diskusi panjang untuk menjembatani BUMN, BUMD, dan lain-lain agar memaksimalkan potensi tanpa meniadakan peran swasta, tinggal proporsi diperketat,” sebut Nurhasan yang juga selaku ketua kelompok komisi (Kapoksi) Fraksi PKS DPR RI.
Karena hal itu sebut dia, peran masyarakat harus diperbesar. Masyarakat diperkenankan untuk memproduksi sekaligus mengevaluasi kebijakan-kebijakan sumber daya air, sekaligus membentuk usaha bersama untuk mengelola air.
Di akhir diskusi narasumber yang mewakili masyarakat menekankan penguatan aspek usaha yang berlatar belakang masyarakat. “Intinya air adalah milik rakyat banyak jangan sampai di monopoli, RUU ini sudah tepat hanya perlu di pertegas,” tandas Nurhasan. ***FITRI

Baca Juga  Bangun Kantin Sehat Dibebankan ke Orangtua Murid

Tinggalkan Balasan