KABAR DARI GEDUNG NEGARA, Pilihan Redaksi

Dinsos P3A Berikan Pembinaan Kepada 100 KK Binaan P2WKSS

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG ONLINE – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) berikan pembinaan kepada 100 KK binaan di lokasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kabupaten Sumedang.

Pembinaan yang dilakukan oleh Dinsos P3A tersebut diselenggarakan di lokasi binaan, tepatnya di Dusun Babakan Kondang RT 31-32 RW 8 Desa Bongkok Kecamatan Paseh, Selasa (28/8).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pembinaan ini dilakukan dalam rangka persiapan menjelang pelaksanaan evaluasi akhir dari tim penilai tingkat Provinsi Jawa Barat yang bakal diselenggarakan pada tanggal 7 September yang akan datang.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dian Putri Muslich, SH., MM memberikan pembinaan kepada puluhan KK binaan Desa Bongkok mengenai Kesetaraan Gender dan Keluarga Sejahtera. Menurut Dian, pengetahuan mengenai hal tersebut sangat penting diberikan, pasalnya para perempuan di Desa Bongkok khususnya dan di Sumedang umumnya harus mengetahui tentang pengertian gender dan pengaplikasiannya di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga  Madara Ganti Bendera Merah Putih di Makam Leluhur Sumedang

“Gender menurut Peraturan Presiden No 9 tahun 2000 adalah kesamarataan antara perempuan dan laki-laki. Artinya, peranan dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki itu sama rata, yang membedakan hanya dari sisi biologis saja,” katanya.

Dijelaskan Dian lebih lanjut, untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada berbagai aspek, perempuan diwajibkan menjadi ‘primadona’ dalam keluarga. Primadona yang dimaksud adalah dengan memberikan perhatian, pendidikan dan kasih sayang ekstra untuk anak-anaknya, memberikan pelayanan yang terbaik untuk suaminya dan juga aktif dalam bermasyarakat.

Baca Juga  Kekurangan Stock, PMI dan Kodim 0610 Sumedang Gelar Donor Darah

“Untuk mewujudkan berhasilnya P2WKSS ini, ibu-ibu warga binaan di Desa Bongkok telah diberikan berbagai macam pembinaan, baik dari Dinsos P3A, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, GOW Kab. Sumedang, PKK serta stakeholder lainnya. Mudah-mudahan, dapat diterima dengan baik, serta diimplentasikan sehingga dapat mencapai tingkat hidup yang berkualitas nantinya,” kata Dian.

Kecuali itu, untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia, kata Dian, perempuan harus mampu menjadi ‘motor’ penggerak dalam mengembangkan SDM, SDA serta lingkungannya.

Baca Juga  Dua Rumah Rusak Akibat Longsor di Sukamenak Belum Dapat Bantuan

“Mudah-mudahan, Desa Bongkok yang tahun ini dijadikan lokasi P2WKSS mendapat peringkat seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pembinaan yang diberikan Dinsos P3A ini, mendapat apresiasi yang tinggi dari para pesertanya.

Seperti yang dituturkan Maryamah (34) warga RT 32 Desa Bongkok tersebut mengaku sangat senang mendapatkan berbagai macam pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Selain pengetahuan mengenai kesehatan, peranan wanita dalam keluarga dan masyarakat, saya juga sekarang menjadi anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) di desa saya. Saya belajar menanam sayuran seperti seledri, daun bawang dan juga kangkung dengan media tanah dan pot yang terbuat dari botol bekas,” ujar Maryamah.

(Iwan)

Tinggalkan Balasan