Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Jumat, 14 September 2018 - 02:43 WIB

Gubernur Jabar Wacanakan Reaktivasi Jalur KA, Termasuk Rancaekek-Tanjungsari

[Foto: Humas Jabar]

GAMBAR_29840: [Foto: Humas Jabar]


[DESK d=BANDUNG]Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana akan mereaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat. Ke-empat jalur tersebut yakni rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Gubernur menilai, reaktivasi jalur kereta api dipandang menguntungkan bagi masyarakat karena ada kemudahan transportasi. Menurutnya, daerah-daerah yang dilalui lajur kereta api dinilai bisa tumbuh perekonomiannya karena ada pergerakan orang dan barang, dengan aksesbilitas yang semakin mudah.

”Saya ingin mengembalikan budaya naik kereta. Saya ingin Jawa Barat seperti Eropa, masyarakat kemana-mana bisa naik kereta karena nyaman dan terintegerasi,” harap Ridwan Kamil usai pertemuan dengan direktur PT. KAI beserta jajarannya, di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (12/9/18).

Baca Juga  Banjir depan pabriknya, pekerja PT Kahatex terpaksa jalan kaki

Selain itu, Ridwan juga ingin membangun stasiun-stasiun baru di titik-titik wisata, perumahan, ataupun di titik- titik keramaian, untuk memecah kepadatan. Proyek reaktivasi ini pun diharapkan mampu selesai, dan dapat langsung terintegerasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan, rencana reaktivasi membutuhkan dukungan dari Pemprov Jabar. Khususnya, dalam hal penertiban warga yang tinggal di sekitaran rel yang sudah bertahun-tahun tidak aktif itu. Adapun PT KAI akan fokus pada persiapan operasional.

Baca Juga  Rakor Komite Kebijakan Penanggulangan Covid-19: Bupati/Wali Kota Diminta Focus Tangani Covid-19

“Dari empat ini, kami akan evaluasi mana yang paling mungkin dilakukan secepatnya. Dari empat itu jalur mana yang lebih akomodatif membantu masyarakat, baik untuk mengangkut orang maupun barang, seperti misalnya hasil bumi,” jelas Edi. (*/rls)

 

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ini Jadwal Lengkap Pameran IT untuk Rakyat-Aistech Expo 2018

Nasional

Dampingi Presiden Jokowi di Munas dan Konbes NU, Menpora Ajak Santri Jaga NKRI dari Radikalisme
Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, saat menerima Kunjungan Kerja dari Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Senin, 28 Desember 2020.

Pilihan Redaksi

Solok Serap Ide Langkah Penanganan Covid-19 di Sumedang

Pilihan Redaksi

PWI Majalengka Luncurkan Biografi Maruarar Sirait

Pilihan Redaksi

Ada Pelarangan Sementara, Penyelenggara Umrah di Sumedang Masih Tunggu Negosiasi Pemerintah

Nasional

Menpan-RB Pastikan Belum Ada Penetapan Formasi CPNS
Pemeriksaan tes cepat antigen di Terminal Tipe A Ciakara, Kabupaten Sumedang. Kamis 31 Desember 2020.

Pilihan Redaksi

Selama Pelaksanaan Tes Cepat Antigen di Terminal Ciakar Sumedang, Tiga Warga Diketahui Reaktif

JATINANGOR

Polisi amankan judi sambung ayam