Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 29 Des 2018 03:07 WIB ·

Bupati Sumedang: Insentif RT RW Harus Diperhatikan

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2018-12-28 AT 18.47.18:

SUMEDANG – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memberikan apresiasi atas kerja keras RT dan RW di masing masing wilayah. Mereka bekerja selama 24 jam dalam melayani dan membantu masyarakat.

Hal itu disampaikan Dony, dalam Bimbingatn Teknik (Bimtek) Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) dalam kegiatan Pembinaan RT dan RW se Kabupaten Sumedang di GOR Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang, Jumat (28/12).

“Pengurus RT dan RW harus melayani dan menyelesaikan berbagai masalah di lingkungannya. Saya berterimakasih dalam kesigapannya. Dan, selalu siap dalam menyelesaikan berbagai masalah,” ujar Dony.

Menurutnya, pengurus RT dan RW merupakan manusia piliham Allah. Karena, tidak semua masyarakat siap menjadi pengurus RY dan RW.

”RT dan RW manusia langka yang harus diperhatikan kehidupannya, termasuk dalam hal insentifnya. Kami, Pemkab Sumedang telah berkoordinasi dengan Dinas PMD untuk memberikan kenaikan insentif RT dan RW,” jelasnya.

Baca Juga  Tahun 2019 di Sumedang 1.769 Sapi Kurban Dipotong, 2020 Ditargetkan Sama

Dikatakan Dony, ada beberapa tugas pokok dan fungsi dari pengurus RT dan RW. Diantaranya, menjaga kerukunan, ketertiban keamanan lingkungannya. Kemudian, menjaga dan mempertahankan nilai gotong royong dan keswadayaan di masyarakat karena hal itu merupakan nilai yang mahal.

Lainnya, kata Dony, memberdayakan masyarakat agar mandiri. Diharapkan RT dan RW dapat berperan serta dalam mengentaskan kemiskinan.

“Dicek siapa saja yang miskin, kemudian ambil langkah langkah diantaramya dengan melakukan pelatihan wirausaha,” paparnya.

Terakhir, lanjut Dony, adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam lingkungan sekitarnya. “Misalnya dalam kegiatan jumsih dan menjaga ketertiban serta keamanan lingkungan,” tegasnya.

Dony juga mengajak para pengurus RT untuk mewujudkan visi misi Sumedang Simpati. “Dalam mewujudkan Sumedang Simpati diperlukan dukungan peran serta RT dan RW. Terutama, dalam hal mengentaskan kemiskinan,” paparnya.

Baca Juga  Putaran Akhir Seri 1, Perses Ditahan Imbang Prima Con FC 1-1

Kadis PMD Kabupaten Sumedang Teddy Mulyono mengatakan kegiatan penguatan kapasitas RT dan RW merupakan bagian dari 100 hari program kerja Bupati Sumedanh. “Visi misi Bupati Sumedang harus didukung RT dan RW sehingga harus terus disosialisasikan,” tegasnya.

Dikatakan Teddy, dalam melaksanakan tugas dan fungsi, pengurus RT dan RW tidak terikat waktu. Harus selalu siap sedia selama 24 jam. Diantaranya, melaporkan dan mendeteksi dini terkait aliram kepercayaan dan gangguan lingkungan lainnya. “Semuamya harus dilaporkan ke desa, kecamatan dan kabupaten,” tandasnya.

Kegiatan Pelatihan Pembinaan RT dan RW di Kecamatan Conggeang merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya, pembinaan RT dan RW telah dilakukan di Sumedanh Kota, Tanjungsari dan Darmaraja. [iwan]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Bupati Minta ASN di Sumedang Harus Berakhlaq Mulia

6 Desember 2021 - 18:26 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat melantik 624 CPNS Kabupaten Sumedang yang diambil sumpahnya untuk diangkat menjadi PNS di Lapangan Upacara IPP. Senin, 6 Desember 2021.

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang di Liga 3 Seri 1 Group A

29 November 2021 - 19:17 WIB

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.
Trending di SUMEDANG