Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 30 Agustus 2019 - 18:57 WIB

Emil Wacanakan Pindah Ibu Kota, Wabup: Usulkan Sumedang



SUMEDANG.ONLINE, GN. KUNCI – Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan sempat berkelakar akan mengusulkan wilayah Kabupaten Sumedang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Hal itu setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mewacanakan akan memindahkan ibu kota provinsi tersebut.

Salahsatu alasan dirinya akan mengusulkan wilayah Sumedang sebagai pusat Provinsi Jawa Barat lantaran sebut Erwan, secara geografis Sumedang berada di tengah-tengah. “Bahkan kemarin Pak Emil setelah Pak Jokowi mewacanakan pindah Ibu Kota Negara, Pak Emil juga mewacanakan Ibu Kota Provinsi. Saya akan lobi, pindahin ke Sumedang. Karena di sini lebih representatif, kita lebih di tengah. Kalau di Majalengka kan di ujung, kasihan yang dari arah barat, dari Sukabumi dari Bogor. Kita kan bisa dituju oleh Tol Cisumdawu,” ujar Erwan setengah berkelakar pada acara Monitoring dan Evaluasi Pemberitaan Kebijakan Pemkab Sumedang di Tahura Gunung Kunci, Jumat, 30 Agustus 2019.

Baca Juga  Peserta Rakerda Hipmi Jabar, Ikuti Arung Jeram

Bahkan sebut dia, pertengahan tahun depan pembangunan Tol Cisumdawu akan dipercepat untuk segera selesai.

Meski demikian, pihaknya meminta agar tak mewacanakan hal-hal yang belum pasti. “Contoh masalah Aerocity. Pak bupati adalah wakil ketua Pansus pembentukan Aerocity dimana dalam hal tersebut Sumedang masuk, Ujungjaya, Tomo dan Jatigede. Jadi tolong jangan dulu bahwa kita tidak masuk akhirnya membuat rame teu puguhlah. Saya dan pak Bupati sedang melobi bagaimana ke sana, karena yang paling dekat yang langsung berbatasan dengan Kertajati adalah kita. Ujungjaya berbatasan langsung dengan Kertajati. Apa dasarnya, BIJB menetapkan kuningan sebagai Aerocity yang jauh, Indramayu, Subang. Kan sebelum Subang melewati dulu Sumedang, Ada Apa? kalau tidak memasukan Sumedang, tetapi kata Pak Bupati ada. Maka kita akan memperjuangkan itu. Itu untuk meningkatkan taraf ekonomi di Kabupaten Sumedang,” tandasnya. (IWAN)

Baca Juga  Janin Bayi Perempuan Ditemukan Tewas di Pos Ronda
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Sebanyak 49 dari 60 pegawai dan staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menjalani tes usap antigen di Kantor BPBD Kabupaten Sumedang. Senin, 25 Januari 2021.

Pilihan Redaksi

49 Staf dan Pegawai BPBD Sumedang Jalani Tes Usap Antigen

Pilihan Redaksi

Tepat Pukul 8.28 PKS Sumedang Daftarkan Bacalegnya, Bidik 10 Kursi DPRD

Pilihan Redaksi

Ketua MUI Hadiri Peresmian Ponpes An-Nuur

Pilihan Redaksi

Nurhayat Lantik Empat Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan

Pilihan Redaksi

Paslon Boleh Menambah APK Hingga 150 Persen

Pilihan Redaksi

Ditinggal Tunggu Anaknya Sakit, Rumah Mak Edah Ludes Terbakar
Sejumlah petugas gabungan melakukan evakuasi korban tenggelam, Jumat 21 Mei 2021.

Pilihan Redaksi

Hari Ketiga Pencarian, Korban Tenggelam di Sungai Cimanuk Akhirnya Ditemukan
GP Ansor Sumedang melakukan silaturahmi ke kantor DPD Partai Golkar Sumedang Barat, Selasa 2 Maret 2021 siang.

SUMEDANG

Perkuat Sinergitas, GP Ansor Sumedang Kunjungi DPD Partai Golkar