Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 19 Feb 2020 23:01 WIB ·

Overload Karyawan, Mungkinkah Ada Suap di PDAM? Ini Jawaban DPRD Sumedang

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Wakil Ketua DPRD Sumedang, Jajang Heryana

WAKIL KETUA DPRD SUMEDANG, JAJANG HERYANA WAKIL KETUA DPRD SUMEDANG, JAJANG HERYANA: Wakil Ketua DPRD Sumedang, Jajang Heryana

SUMEDANG.ONLINE, DPRD (19/2/2020) DPRD Kabupaten Sumedang tak menampik jika kondisi Perumda Air Minum Tirta Medal saat ini overload karyawan. Hal ini diperjelas dengan Komisi 2 DPRD Sumedang yang telah mendalami kondisi PDAM saat ini.

“Memang terjadi beban kerja yang menumpuk di sana idealnya satu banding sepuluh. Nah sekarang ini satu banding dua puluh, kalau tidak salah, atau tujuh belas. Sehingga harus ada pengurangan karyawan, tapi dengan tidak merugikan dua pihak. Baik itu PDAM maupun karyawan yang akan diberhentikan. Apakah mereka ditawarkan pensiun dini, misalkan bagi yang sudah 45 tahun bolehlah ditawarkan untuk meminta pensiun sehingga pengurangan bisa dilakukan. Sekali lagi tanpa merugikan PDAM dan Karyawan di maksud,” ujar Jajang Heryana selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang pada wartawan termasuk reporter SUMEDANG ONLINE, usai rapat paripurna berlangsung.

Baca Juga  [Sidak Ketua DPRD] Tanah Belum Diganti Rugi, Bendungan Sadawarna Mulai Digarap

Ditanya wartawan apakah ada kemungkinan overloadnya karyawan ada indikasi terjadinya praktik suap menyuap saat rekrutment pegawai baru. Jangan mengaku dirinya tak mengetahui hal itu.

“Terkait hal itu saya tidak mengetahui, terkait yang dipertanyakan. Tapi saya memandang penerimaan karyawan di PDAM ini tanpa mempertimbangkan beban kerja sebenarnya yang berlaku di PDAM sehingga harus ada keseimbangan antara berapa sambungan kepada masyarakat (SL), dengan berapa orang yang bisa memelihara atau mengurus sambungan yang ke masyarakat,” jelas dia.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Peserta Pengembangan Kampung Dicek Suhu Tubuh

Idealnya, sebut Jajang, satu karyawan berbanding sepuluh Sambungan Langsung (SL) termasuk di dalamnya tenaga lapangan dan staff.

“Karena memang satu orang tidak mengurus sepuluh sambungan satu orang mengurus dari berbagai sisi administrator pengawas, pemeliharaan jaringan dll sebagainya,” ungkapnya.

Saat ini jumlah karyawan PDAM berkisar antara 581 karyawan sementara jumlah sambungan lebih dari 5 ribu. “Tapi tepatnya saya kurang paham tinggal ditanyakan saja nanti sekaligus konfrontir berita ke PDAM,” pungkasnya. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA