Menu

Mode Gelap

BISNIS · 29 Mar 2020 02:27 WIB ·

Peluang Ternak Lele Masih Tinggi, Kebutuhan Warga Sumedang Tiga Kuintal Perhari

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2020-03-29 AT 02.21.53:

SUMEDANG.ONLINE, DARMARAJA – Permintaan akan daging ikan lele di Kabupaten Sumedang terbilang tinggi. Kebutuhan iklan lele di Sumedang perhari rata rata 3 kuintal, tingginya angka permintaan pasar tersebut belum bisa terpenuhi sepenuhnya dari peternak lele di Kota Tahu ini.

“Untuk pemasaran untuk sementara di lingkungan Kabupaten Sumedang juga tidak terpenuhi, karena kami diminta perhari itu tiga kuintal. Dan di Sumedang itu disuply dari Indramayu,” ujar Asep Suhada NP,Drs., selaku Ketua Unit Usaha Perikanan di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Sabtu, 28 Maret 2020.

Selain karena tingginya permintaan pasar lokal, adanya peternakan lele yang dikelola oleh Pondok Pesantren Darul Hikmah Yayasan Kyai Demang Cipaku (YKDC) juga sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Lingkungan warga Terdampak Jatigede.

Baca Juga  Seorang Warga Sumedang Kembali Terindikasi Positif Covid-19 di Bandung Raya

“Alasannya untuk alternatif karena di lingkungan masyarakat kita itu terjadi perubahan mata pencaharian. Jadi ternak lele itu merupakan salahsatu solusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di lingkungan OTD Bendungan Jatigede,” ungkap dia.

Pilot project dari Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Darul Hikmah yang dibina Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang dan Balai Perikanan Provinsi Jawa Barat itu pun mendapat respon positif dari warga.

Alhamdulillah di masyarakat sudah mulai terlihat, sudah mulai merespon terhadap usaha lele ini,” jelasnya.

Baca Juga  Absensi Digital Bermasalah, Diskominfosantik Sumedang: Permasalahan Bukan di Server

Kini usaha yang sudah dijalani selama setahun itu, sudah mulai membuahkan hasil. Kurun waktu tiga bulan sekali mereka dapat panen. “Panen Perbulan, sekitar 3 bulan dari ukuran 6 x 7 selama 3 bulan dipelihara dari 3 ribu ekor akan menghasilkan 3 kuintal 70 kilogram,” ungkapnya yag menyebutkan di ada 40 kolam bundar dengan menggunakan sistem bioflok.

Karena pengelolanya oleh lingkungan pendidikan, di sini pun anda dapat berkonsultasi berkaitan dengan ternak lele. Selain itu pengelola unit usaha pun menyediakan bibit lele. Yo nuggu apalagi hayu usaha lele …*FITRI*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Wabup: Rest Area Tol Cisumdawu Wajib Ada Produk UMKM Sumedang

27 Januari 2022 - 17:45 WIB

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, saat memberikan sambutan pada Workshop PaDi UMKM di Aula Tampomas, Kamis, (27/1/2022).

HIPMI Jawa Barat Bekali Para UMKM di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:41 WIB

Pembekalan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Naik Kelas bersama PaDi UMKM dan HIPMI dibuka Wakil Bupati Sumedang didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Sumedang, Kepala Diskopukmpp Kabupaten Sumedang serta Ketua HIPMI Provinsi Jawa Barat di Aula Tampomas IPP Setda Kabupaten Sumedang. Kamis, 27 Januari 2022.

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.
Trending di BISNIS