Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 3 Mar 2020 18:55 WIB ·

Wakil Ketua DPRD Menilai DPMPTSP Sumedang Persulit Perizinan

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2020-03-03 AT 23.57.05:

SUMEDANG.ONLINE, SUMSEL (3/3/2020) – Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumedang mendapat sorotan dari Komisi II DPRD Kabupaten Sumedang apalagi dinas ini tidak datang dalam diskusi mengenai intensifikasi dan ekstensifikasi pajak hotel dan restoran yang digelar di Kampung Karuhun, Selasa, 3 Maret 2020.

“Dalam diskusi berkembang karena kami mengundang Dinas Pariwisata, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, dan DPMPTSP. Hanya saja kebetulan dari DPMPTSP tidak datang, ini menjadi catatan kami dari Komisi II, karena mereka itu mitra kerja komisi II. Mereka seolah-olah tidak fokus, mengurus, mempermudah perizinan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang. Maupun investor ke Sumedang, ini menjadi catatan kami,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumedang, Jajang Heryana, pada wartawan termasuk repoter SUMEDANG ONLINE, usai acara berlangsung.

Salahsatu yang menjadi sorotan atas kinerja DPMPTSP berkaitan dengan adanya proses perizinan yang harus ditempuh lebih dari satu tahun.

Baca Juga  DPRD Dorong Inspektorat Dalami Kasus PDAM Tirta Medal

“Beberapa catatan kami, dari pelaku usaha juga menyampaikan bahwa ada yang sampai hari ini perizinan satu tahun belum selesai. Ini menjadi catatan kami,” ungkapnya.

Ditanya kendala apa, hingga DPMPTSP sulit memberikan izin, bahkan sampai ada yang setahun belum kelar. Menurut Jajang, salah satu alasannya, karena belum terkoneksinya dengan dinas-dinas yang lain.

Disinggung Sumedang telah menerapkan sistem Informasi Teknologi, Jajang menerangkan, hal itu justru yang menjadi persoalan saat ini. “Di satu sisi sudah di Mal Pelayanan Publik, perizinannya satu pintu, tapi disisi lain harus ada tangan cap basah. Kadang-kadang juga, ketidak siapan dari ‘maaf’ dari sistem yang dibangun di masing-masing SKPD. Misalkan, bagaimana Tata Ruang sudah jelas Perda nya demikian, kalau harus rekomendasi keluarkan tanpa merusak tata ruang. Zona-zona tidak terlanggar, segera keluarkan. Dari Dinas Perhubungan bagaimana Amdal Lali, bagaimana di DPMPTSP terkait dengan IMB dan lain sebagainya. Ini harus super cepat. Yang nota bene kita sudah mempunyai Mal Pelayanan Publik, tapi koneksi terhadap Dinas-Dinas yang menyangkut perizinan ini belum konek secara luar biasa,” bebernya.

Baca Juga  Reses Anggota DPRD Sumedang Dilakukan Door to Door

Berkaitan dengan hal ini, pihaknya akan melakukan pengawasan langsung terhadap DPMPTSP berkaitan dengan belum ‘koneksinya’ dengan DPRD Sumedang. “Ini kepentingan Pemerintah Kabupaten Sumedang yang harus mempermudah perizinan kepada masyarakat, masih ada keluhan dari pelaku pengusaha resotran dan perhotelan,” tandasnya.

Dikatakan Jajang, dengan tak lancarnya proses perizinan tersebut dia memandang justru akan menghambat pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumedang, yang di satu sisi tengah digenjot untuk ditingkatkan. “Sangat menghambat untuk peningkatan PAD,” imbuhnya. *FITRI*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 89 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.

Heboh Kebohongan Yana Cadas Pangeran, Kini Dia Terancam Tiga Tahun Bui

22 November 2021 - 11:59 WIB

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago
Trending di SUMEDANG