Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 2 Mei 2020 18:41 WIB ·

Pemkab Sumedang gencar Distribusikan Bansos JPS Covid-19

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang gencar melakukan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bansos yang masif dibagikan merupakan data bersumber dari Data non-DTKS, berjumlah 15 Ribu KK. Adapun Sumber anggarannya adalah dari APBD Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk Bansos sumber lainya dari Pusat, Provinsi maupun Dana Desa, masih proses.

PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG SEDANG GENCAR MELAKUKAN PEMBAGIAN BANTUAN SOSIAL (BANSOS) KEPADA MASYARAKAT. BANSOS YANG MASIF DIBAGIKAN MERUPAKAN DATA BERSUMBER DARI DATA NON-DTKS, BERJUMLAH 15 RIBU KK. ADAPUN SUMBER ANGGARANNYA ADALAH DARI APBD KABUPATEN SUMEDANG. SEDANGKAN UNTUK BANSOS SUMBER LAINYA DARI PUSAT, PROVINSI MAUPUN DANA DESA, MASIH PROSES. PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG SEDANG GENCAR MELAKUKAN PEMBAGIAN BANTUAN SOSIAL (BANSOS) KEPADA MASYARAKAT. BANSOS YANG MASIF DIBAGIKAN MERUPAKAN DATA BERSUMBER DARI DATA NON-DTKS, BERJUMLAH 15 RIBU KK. ADAPUN SUMBER ANGGARANNYA ADALAH DARI APBD KABUPATEN SUMEDANG. SEDANGKAN UNTUK BANSOS SUMBER LAINYA DARI PUSAT, PROVINSI MAUPUN DANA DESA, MASIH PROSES.: Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang gencar melakukan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bansos yang masif dibagikan merupakan data bersumber dari Data non-DTKS, berjumlah 15 Ribu KK. Adapun Sumber anggarannya adalah dari APBD Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk Bansos sumber lainya dari Pusat, Provinsi maupun Dana Desa, masih proses.

SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang gencar melakukan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bansos yang masif dibagikan merupakan data bersumber dari Data non-DTKS, berjumlah 15 Ribu KK. Adapun Sumber anggarannya adalah dari APBD Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk Bansos sumber lainya dari Pusat, Provinsi maupun Dana Desa, masih proses.

Bansos yang diberikan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 500.000 per KK, dan dibayarkan melalui Bank Sumedang.

Pelaksanaan penyaluran secara serentak pada hari Kamis 30 April 2020, meliputi 11 Kecamatan, 104 Desa dan 3 Kelurahan. Serta ada sebanyak 5.843 KK yang mendapatkan BLT dari sumber yang ini.

Adapun 11 Kecamatan tersebut adalah Sumedang Selatan, Cibugel, Cimalaka Conggeang, Buahdua, Jatinunggal, Jatinangor, Pamulihan, Cisitu, Sumedang Utara, dan Rancakalong.

Baca Juga  Program Sapa Warga, Lurah Talun: Jamin Warga Kondusif

Dalam distribusi, Alhamdulilah aman dan lancar. Walaupun ada beberapa orang yang sempat datang, padahal tidak mendapat undangan, setelah di klarifikasi akhirnya pulang.

Protokoler kesehatan saat pembagian tetap dijalankan, dibantu oleh petugas bhabinkamtibmas, babinsa, dan apparat desa.

Sedangkan hari Jumat, pembagian BLT dilakukan di 11 Kecamatan, yakni Jatinangor, jatinunggal, Cisarua, Ganeas, Cimanggung, Paseh, Situraja, Sukasari, Surian, Tanjungmedar, dan Jatigede. Sabtu (2/5/2020) meliputi wilayah Kecamatan Situraja, Tanjungkerta, Tanjungsari, Ujungjaya, Cimalaka, dan Darmaraja.

Direktur Bank Sumedang, Yanti Krisyana Dewi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang dan juga masyarakat penerima BLT.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Sumedang kepada Bank Sumedang, untuk andil dan turut berjuang melawan corona. Sumbangsih kami, menjadi penyalur BLT ini semoga bermanfaat. Saya juga apresiasi sekali atas kerjasama dan ketabahan masyarakat Sumedang yang sangat setia dengan menjalankan aturan dari Pemerintah, yakni social distancing dan physical distancing,” jelas Yanti.

Baca Juga  Posisi Bupati Sumedang terancam , jika tak tangani kasus ini segera

Lebih lanjut, menurut Yanti, ada beberapa yang double data, dan data yang beda, bahkan ada pula yang merupakan penerima program bantuan lain.

“Kami masih menemukan beberapa hal tersebut, namun demikian segera kami solusikan. Atas kesepakatan dengan Kepala Desa dan keterangan dari mereka, bahwa si penerima jelas, segera kami bayarkan. Namun bagi yang penerima bantuan lainnya, kami sampaikan pilihan. Mereka untuk memilih salah satu. Sedangkan untuk data double atau orangnya sudah tidak ada, kami akan retur ke Pemkab kembali,” tuturnya. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG