Home / SUMEDANG

Sabtu, 2 Mei 2020 - 18:41 WIB

Pemkab Sumedang gencar Distribusikan Bansos JPS Covid-19

Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang gencar melakukan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bansos yang masif dibagikan merupakan data bersumber dari Data non-DTKS, berjumlah 15 Ribu KK. Adapun Sumber anggarannya adalah dari APBD Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk Bansos sumber lainya dari Pusat, Provinsi maupun Dana Desa, masih proses.

PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG SEDANG GENCAR MELAKUKAN PEMBAGIAN BANTUAN SOSIAL (BANSOS) KEPADA MASYARAKAT. BANSOS YANG MASIF DIBAGIKAN MERUPAKAN DATA BERSUMBER DARI DATA NON-DTKS, BERJUMLAH 15 RIBU KK. ADAPUN SUMBER ANGGARANNYA ADALAH DARI APBD KABUPATEN SUMEDANG. SEDANGKAN UNTUK BANSOS SUMBER LAINYA DARI PUSAT, PROVINSI MAUPUN DANA DESA, MASIH PROSES. PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG SEDANG GENCAR MELAKUKAN PEMBAGIAN BANTUAN SOSIAL (BANSOS) KEPADA MASYARAKAT. BANSOS YANG MASIF DIBAGIKAN MERUPAKAN DATA BERSUMBER DARI DATA NON-DTKS, BERJUMLAH 15 RIBU KK. ADAPUN SUMBER ANGGARANNYA ADALAH DARI APBD KABUPATEN SUMEDANG. SEDANGKAN UNTUK BANSOS SUMBER LAINYA DARI PUSAT, PROVINSI MAUPUN DANA DESA, MASIH PROSES.: Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang gencar melakukan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bansos yang masif dibagikan merupakan data bersumber dari Data non-DTKS, berjumlah 15 Ribu KK. Adapun Sumber anggarannya adalah dari APBD Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk Bansos sumber lainya dari Pusat, Provinsi maupun Dana Desa, masih proses.


SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang gencar melakukan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bansos yang masif dibagikan merupakan data bersumber dari Data non-DTKS, berjumlah 15 Ribu KK. Adapun Sumber anggarannya adalah dari APBD Kabupaten Sumedang. Sedangkan untuk Bansos sumber lainya dari Pusat, Provinsi maupun Dana Desa, masih proses.

Bansos yang diberikan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 500.000 per KK, dan dibayarkan melalui Bank Sumedang.

Pelaksanaan penyaluran secara serentak pada hari Kamis 30 April 2020, meliputi 11 Kecamatan, 104 Desa dan 3 Kelurahan. Serta ada sebanyak 5.843 KK yang mendapatkan BLT dari sumber yang ini.

Adapun 11 Kecamatan tersebut adalah Sumedang Selatan, Cibugel, Cimalaka Conggeang, Buahdua, Jatinunggal, Jatinangor, Pamulihan, Cisitu, Sumedang Utara, dan Rancakalong.

Baca Juga  132 Petugas Penelusur Pajak Ranmor Mulai Bergerak Datangi Rumah

Dalam distribusi, Alhamdulilah aman dan lancar. Walaupun ada beberapa orang yang sempat datang, padahal tidak mendapat undangan, setelah di klarifikasi akhirnya pulang.

Protokoler kesehatan saat pembagian tetap dijalankan, dibantu oleh petugas bhabinkamtibmas, babinsa, dan apparat desa.

Sedangkan hari Jumat, pembagian BLT dilakukan di 11 Kecamatan, yakni Jatinangor, jatinunggal, Cisarua, Ganeas, Cimanggung, Paseh, Situraja, Sukasari, Surian, Tanjungmedar, dan Jatigede. Sabtu (2/5/2020) meliputi wilayah Kecamatan Situraja, Tanjungkerta, Tanjungsari, Ujungjaya, Cimalaka, dan Darmaraja.

Direktur Bank Sumedang, Yanti Krisyana Dewi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang dan juga masyarakat penerima BLT.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Sumedang kepada Bank Sumedang, untuk andil dan turut berjuang melawan corona. Sumbangsih kami, menjadi penyalur BLT ini semoga bermanfaat. Saya juga apresiasi sekali atas kerjasama dan ketabahan masyarakat Sumedang yang sangat setia dengan menjalankan aturan dari Pemerintah, yakni social distancing dan physical distancing,” jelas Yanti.

Baca Juga  Ada di Tanah Kas Desa Rumah Mak Anah Tak Tersentuh Rutilahu

Lebih lanjut, menurut Yanti, ada beberapa yang double data, dan data yang beda, bahkan ada pula yang merupakan penerima program bantuan lain.

“Kami masih menemukan beberapa hal tersebut, namun demikian segera kami solusikan. Atas kesepakatan dengan Kepala Desa dan keterangan dari mereka, bahwa si penerima jelas, segera kami bayarkan. Namun bagi yang penerima bantuan lainnya, kami sampaikan pilihan. Mereka untuk memilih salah satu. Sedangkan untuk data double atau orangnya sudah tidak ada, kami akan retur ke Pemkab kembali,” tuturnya. *IWAN RAHMAT*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

KEPALAN TANGAN “ICAL” BUKTI SIAP JADI PRESIDEN

Pilihan Redaksi

Pasukan Kuning Tak Libur Saat Lebaran

Pilihan Redaksi

110 KK dipindah ke tempat hunian sementara

Pilihan Redaksi

Waspada Corona, Baru Dibuka Alun-Alun Sumedang Akan Ditutup Lagi

Pilihan Redaksi

Kondisi terakhir bayi yang dibuang, sudah ada 6 orang yang mau mengadopsi lantas …

Pilihan Redaksi

Alasan Kemanusiaan, Pemkab Sumedang Izinkan Pemakaman Jenazah Terkena COVID 19 di Kiarapayung
Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir memotong tumpeng disela peresmian Posyandu Melati 2 di Lingkungan RW 07 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu 14 Oktober 2020.

SUMEDANG

Posyandu Melati 2 di Regol Wetan Diresmikan, Bupati: Ciptakan Generasi Unggul
Sejumlah pengunjung terlihat senang mengisi hari liburnya di Tahura Gunung Kunci.

SUMEDANG

Tahura Gunung Kunci Masih Jadi Idola Para Wisatawan saat Berlibur