Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Sabtu, 13 Juni 2020 - 10:42 WIB

Bansos Tahap I Masih Ada Double Penerima, Kades Margamukti: Tahap II Optimistis Tidak Ada

Pembagian BLT dari Kementerian Sosial untuk 349 Kepala Keluarga Penerima Manfaat di Desa Girimukti. Sabtu, 13 Juni 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE TERIMA BANTUAN: Pembagian BLT dari Kementerian Sosial untuk 349 Kepala Keluarga Penerima Manfaat di Desa Girimukti. Sabtu, 13 Juni 2020.


SUMEDANG — Dari 1.080 penerima bantuan sosial, hari ini sebanyak 349 kepala keluarga (KK) penerima bantuan lansung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial menerima bantuan Tahap II.

Kepala Desa Margamukti, Maman Suparman menyebutkan untuk bantuan sosial tahap pertama seluruhnya telah tersalurkan meski demikian masih ada satu dua yang terlewat.

“Tapi saya kira untuk Margamukti 80 persen sudah merata,” jelas Maman saat ditemui SUMEDANGONLINE di sela pembagian BLT Kemensos Tahap II di Kantor Desa Margamukti. Sabtu, 13 Juni 2020.

Disinggung apakah ada kendala, menurut Kades jelas ada karena sebelumnya mereka menggunakan data dari Sapa Warga namun sebut dia antara data pengajuan dengan list yang tercover justru ada perbedaan dari sasaran penerima.

Baca Juga  Pengukuhan PPDI, Bupati: Harus Menunjang Peningkatan Kinerja Pemerintah Desa

“Sehingga dari situ kita terus revisi, evaluasi sehingga di tahap pertama kemarin masih ada yang double. Kadang dari Dana Desa dapat, dari data Kemensos muncul. Itu kan otomatis jadi double. Untuk mengantisipasinya, penerima disuruh memilih mau menerima yang mana. Tapi yang bantuan tahap pertama kita anggap lepas lah, tapi untuk tahap II mulai ditertibkan. Mudah-mudahan mulai terarah tidak tumpang tindih,” ungkapnya.

Maman berharap untuk bantuan-bantuan yang disalurkan ke warga datanya harus bersumber dari desa. Karena sebut dia, yang tahu kondisi warga itu adalah Desa.

Baca Juga  Menpora: Selamat Atas Perjuangan Boaz Solossa dkk

“Sehingga diharapkan ada sinergis antarakabupaten, Dinas Sosial kerjasama dalam hal ini. Sehingga dapat sinkron. Jangan sampai seperti kemarin terjadi tumpang tindih, seolah-olah tidak tepat sasaran. Padahal semua juga kebagian, cuman bertahap kan gitu. Di awal pasti kisruh karena melihat ada yang mampu tidak mampu. Ada yang mampu tapi dapat, seolah-olah mereka timbul kecemburuan sosial. Tetapi kalau datanya dari desa, insyaallah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan,” ungkapnya. IWAN RAHMAT

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Berpesan untuk Jaga Silaturahim
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melepas 30 ton ubi jalar jenis rancing produksi petani Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, untuk di ekspor ke Hong Kong, dalam acara pelepasan di halaman Kantor Desa Pinggirsari, Selasa (8/9/20).

Nasional

Jabar Ekspor 30 Ton Ubi Jalar ke Hong Kong

Pilihan Redaksi

Pejabat ke Bali ikut pameran, SOTK baru atau ultah. Ini Jawaban Sekda Sumedang

SUMEDANG

Atje Diancam 20 Tahun Penjara
Bupati Sumedang, Wakil Bupati Sumedang, Sekda serta tim panitia seleksi tengah mewawancara calon direksi Perumda Tirta Medal di Gedung Negara Sumedang, Kamis (22/10).

Pilihan Redaksi

Empat Calon Direksi Perumda Tirta Medal Masuk Tes Wawancara, Bupati: Air ‘Ngocor’ 24 Jam

OLAHRAGA

Atep Rizal Bangga Maruarar Sirait Mau Turun Langsung ke Bawah

Pilihan Redaksi

Pererat Persatuan, Ara Gembleng Generasi Now tentang Pancasila

Pilihan Redaksi

Wakil Bupati Sumedang, Ingatkan Etos Kinerja ASN