Home / SUMEDANG

Jumat, 9 Oktober 2020 - 19:03 WIB

Wabup Canangkan Hari Bersih-bersih Sungai Cipeles

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan bersama yang lainnya membersihkan Sungai Cipeles di kawasan Desa Sukatali Kecamatan Situraja, Jumat 9 Oktober 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE BERSIHKAN CIPELES: Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan bersama yang lainnya membersihkan Sungai Cipeles di kawasan Desa Sukatali Kecamatan Situraja, Jumat 9 Oktober 2020.


SITURAJA, SUMEDANGONLINE — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, melaksanakan Gerakan Bersih-bersih Sungai Cipeles di Dusun Tonjong Desa Sukatali Kecamatan Situraja, Jumat 9 Oktober 2020.  Dalam kegiatan itu, wabup didampingi Dinas LHK, Camat situraja, Forkopincam Situraja serta pemerintah desa setempat.

Wabup Erwan mengatakan, hari bersih-bersih Sungai Cipeles itu dilakukan dari hulu ke hilir. Dia ingin Sumedang kembali menyandang Sumedang Kota Buludru. Sehingga area Sungai Cipeles itu, harus bersih dari sampah mulai dari hulu sampai hilirnya.

Maka dari itu, agenda besih-berih yang juga sekaligus meresmikan wisata Tonjong di Desa Sukatali Situraja, Erwan meminta pihak desa setempat dan warganya untuk ikut menjaga lingkungan. Salahsatunya dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Baca Juga  Enam Pelajar di Sumedang Diamankan Polisi, Usai Demo di Jakarta

“Ini Grand Canyon-nya Sukatali. Dan diharap dengan adanya wisata ini tidak sampai malah jadi merusak. Saya juga sudah wanti-wanti kepala desa dan camat untuk menjaga keindahan dan kelestarian alam ini,” katanya.

Untuk infrastruktur, pihaknya sudah menyiapkan di anggaran perubahan tahun ini dan akan dilanjutkan pada 2021. Termasuk untuk penerangan di area wisata, karena ada permintaan dari kades setempat.

Baca Juga  Bukti Cinta Pada Nabi, IPNU-IPPNU Sumedang Peringati Maulud Nabi Muhammad SAW

Namun begitu, Ewan tetap meninta kepada pemerintah desa setempat untuk tetap menjaga lingkungan agar tidak ada yang membuang sampah ke sungai. Dia menyarankan, agar desa berkoordinasi dengan DPMD untuk membuat perdes.

“Pemkab Sumedang sudah ada perda K3. Bisa dilakukan di tingkat desa dengan perdes, berupa sanksi bagi warganya yang membuang sampah ke sungai dengan denda. Tapi harus sesuai aturan, jangan sampai lebih tinggi sanksinya dari perda,” tukasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Tanggapi Pernyataan Kades Cimarias, Hersa: PPDI Bukan Organisasi Terlarang

SUMEDANG

Opik Hadiri Buku Tahun di Poktan Mekar Sugih

SUMEDANG

Wartawan Sumedang bentuk FSWS
Sumedang Akan Gelar Festival Kopi #2

Pilihan Redaksi

Selama 2019, Angka Kemiskinan di Sumedang Turun 0,71 Persen

Pilihan Redaksi

Sekda Zaenal Alimin akui belum terima juklak juknis gaji 13 dan 14

Pilihan Redaksi

BNN Razia Tempat Hiburan di Sumedang, Ini Hasilnya

SUMEDANG

Abdul Rojak jadi Plt Desa Citengah gantikan Ludi
PKBM Actual Sejahtera Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan penguatan kemitraan dengan DUDI dan Asosiasi UMKM dalam Program Kecakapan Wirausaha (PKW), Kamis 15 Oktober 2020.

SUMEDANG

Melalui PKW, PKBM Actual Sejahtera Cetak Siswa Jadi Wirausahawan