Home / SUMEDANG

Kamis, 27 Mei 2021 - 19:16 WIB

Gelar Rakerda, Dekopinda Sumedang Siap Tingkatkan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Dekopinda Kabupaten Sumedang menggelar Rakerda Tahun 2021 di Gedung KPRI KGS Sumedang, Kamis 27 Mei 2021.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE RAKERDA: Dekopinda Kabupaten Sumedang menggelar Rakerda Tahun 2021 di Gedung KPRI KGS Sumedang, Kamis 27 Mei 2021.


SUMEDANGONLINE, KOTA – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021, di Gedung KPRI KGS Sumedang, Kamis 27 Mei 2021. Rakerda ini mengusung tema “Melalui Pelaksanaan Rakerda Dekopinda Kabupaten Sumedang Dapat Meningkatkan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Acara tersebut, dibuka Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang yang mewakili Bupati Sumedang. Selain itu, hadir juga Majelis Pakar dan Penasehat Dekopinda Sumedang, jajaran pengurus Dekopinda Sumedang, Dekopinwil Jabar, Bappppeda, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Koperasi Anggota Dekopinda Sumedang

Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang, Ade Efendi mengatakan, Rakerda merupakan kegiatan yang harus  dilaksanakan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART). Diantaranya mengevaluasi setiap program kerja dalam jangka waktu satu tahun dan menetapkan program kerja sekaligus pendapatan anggaran untuk tahun berikutnya. Maka dari itu, perlu adanya masukan dan rekomendasi bagi Dekopinda dan Koperasi yang merupakan organisasi tunggal.

Baca Juga  Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Gelar Lomba Dongeng Secara Virtual

“Dekopinda adalah wadah yang berfungsi untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi koperasi. Kami punya tugas guna memasyarakatkan Koperasi dengan memberikan pelatihan kepada setiap anggota maupun masyarakat, serta membangun jaringan kemitran dan kerjasama. Seperti antara koperasi dengan koperasi, serta dengan badan usaha yang lain, baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” tuturnya.

Dengan Rakerda ini, lanjut Ade, koperasi dapat mejadi pelaku ekonomi kerakyatan yang tangguh, profesional dan membantu pemulihan ekonomi daerah. Maka dari itu, dalam rakerda ini dikumpulkan 50 koperasi dari 287 koperasi yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Kita membatasi peserta, karena situasi dan kondisi pandemi covid-19. Rakerda ini juga sudah mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sumedang,” sebutnya.

Baca Juga  Banjir Bawa Tumpukan Sampah di Cihanjuang

Di tempat sama, Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, Deni Tanrus mengatakan, Dekopinda menjadi salahsatu mitra pengurus koperasi. Maka secara otomatis, jika sudah jadi mitra, dapat melakukan pembinaan terhadap pengurus agar meningkatkan pelayanan terhadap anggotanya.

Menurutnya, dalam pemulihan ekonomi, koperasi juga menjadi salahsatu sektor yang cukup kuat. Sebab, mampu mengembangkan dan mempertahankan usaha mikro, baik itu dalam promosi maupun prosduksi.

Begitu juga dalam menghadapi era digitalisasi, harus mampu berorientasi pada pasar. Sebab jika tidak menguasai pasar, maka tidak akan bisa mengembangkan lebih lanjut.

“Harus banyak mengembangkan kerjasama pada para pelaku usaha. Jadi jangan terpaku pada simpan pinjam saja. Jadi dengan koperasi, bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat dan otomatis menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang sesuai dengan Visi Misi Sumedang Simpati,” tutupnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir memberikan pengarahan dalam Acara Akselerasi Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2020 di Kantor Kecamatan Pamulihan. Rabu 1 Juli 2020.

SUMEDANG

Evaluasi Sakip di Pamulihan, Bupati Sumedang: Target yang Perjanjikan Harus Tercapai

Pilihan Redaksi

Forkompimcam Cimanggung Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Memakai APD Lengkap Camat Darmaraja berikan bantuan untuk keluarga pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) yang ada di wilayah Kecamatan Darmaraja, Kamis, 9 April 2020.

Pilihan Redaksi

Dikarantina Mandiri, Keluarga Pasien Positif Covid-19 di Darmaraja Terima Bantuan Sembako

SUMEDANG

Pengurus Komisariat IPNU-IPPNU MTs dan MA Plus Al-Hikam Resmi Dilantik

SUMEDANG

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Dinas PMD Gelar Perlombaan

Pilihan Redaksi

Imbas Peningkatan Volume Kendaraan di Jalur Malangbong, Arus Lalu lintas Sumedang – Bandung Padat
Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Sumedang sukses menyelenggarakan kegiatan berlevel Nasional yang diikuti 657 peserta dari 116 klub. Kegiatan berlangsung di GOR Sampurna Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, 20-25 September 2021.

SUMEDANG

Kejuaraan Sumedang Open II 2021, Indra: Bagian dari Pembinaan Usia Dini

Pilihan Redaksi

Anak Hilang Ditemukan Meninggal Masuk Sumur