Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 27 Mei 2021 19:16 WIB

Gelar Rakerda, Dekopinda Sumedang Siap Tingkatkan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi


 Dekopinda Kabupaten Sumedang menggelar Rakerda Tahun 2021 di Gedung KPRI KGS Sumedang, Kamis 27 Mei 2021. Perbesar

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE/SUMEDANG ONLINE
Dekopinda Kabupaten Sumedang menggelar Rakerda Tahun 2021 di Gedung KPRI KGS Sumedang, Kamis 27 Mei 2021.

SUMEDANGONLINE, KOTA – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021, di Gedung KPRI KGS Sumedang, Kamis 27 Mei 2021. Rakerda ini mengusung tema “Melalui Pelaksanaan Rakerda Dekopinda Kabupaten Sumedang Dapat Meningkatkan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Acara tersebut, dibuka Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang yang mewakili Bupati Sumedang. Selain itu, hadir juga Majelis Pakar dan Penasehat Dekopinda Sumedang, jajaran pengurus Dekopinda Sumedang, Dekopinwil Jabar, Bappppeda, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Koperasi Anggota Dekopinda Sumedang

Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang, Ade Efendi mengatakan, Rakerda merupakan kegiatan yang harus  dilaksanakan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART). Diantaranya mengevaluasi setiap program kerja dalam jangka waktu satu tahun dan menetapkan program kerja sekaligus pendapatan anggaran untuk tahun berikutnya. Maka dari itu, perlu adanya masukan dan rekomendasi bagi Dekopinda dan Koperasi yang merupakan organisasi tunggal.

“Dekopinda adalah wadah yang berfungsi untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi koperasi. Kami punya tugas guna memasyarakatkan Koperasi dengan memberikan pelatihan kepada setiap anggota maupun masyarakat, serta membangun jaringan kemitran dan kerjasama. Seperti antara koperasi dengan koperasi, serta dengan badan usaha yang lain, baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” tuturnya.

Dengan Rakerda ini, lanjut Ade, koperasi dapat mejadi pelaku ekonomi kerakyatan yang tangguh, profesional dan membantu pemulihan ekonomi daerah. Maka dari itu, dalam rakerda ini dikumpulkan 50 koperasi dari 287 koperasi yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Kita membatasi peserta, karena situasi dan kondisi pandemi covid-19. Rakerda ini juga sudah mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sumedang,” sebutnya.

Di tempat sama, Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, Deni Tanrus mengatakan, Dekopinda menjadi salahsatu mitra pengurus koperasi. Maka secara otomatis, jika sudah jadi mitra, dapat melakukan pembinaan terhadap pengurus agar meningkatkan pelayanan terhadap anggotanya.

Menurutnya, dalam pemulihan ekonomi, koperasi juga menjadi salahsatu sektor yang cukup kuat. Sebab, mampu mengembangkan dan mempertahankan usaha mikro, baik itu dalam promosi maupun prosduksi.

Begitu juga dalam menghadapi era digitalisasi, harus mampu berorientasi pada pasar. Sebab jika tidak menguasai pasar, maka tidak akan bisa mengembangkan lebih lanjut.

“Harus banyak mengembangkan kerjasama pada para pelaku usaha. Jadi jangan terpaku pada simpan pinjam saja. Jadi dengan koperasi, bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat dan otomatis menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang sesuai dengan Visi Misi Sumedang Simpati,” tutupnya. ***

Artikel ini telah dibaca 84 kali

Baca Lainnya

Di Pasir Landak Sumedang Ditemukan Batu Columnar Joint yang Timbulkan Nada Unik

23 Juni 2024 - 04:37 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan, Moh. Budi Akbar, saat meninjau langsung batu columnar joint di Pasir Landak di Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kesenian Abad XV, Terbang Buhun Pusaka Karuhun Masih Tetap Eksis

22 Juni 2024 - 04:55 WIB

Penampilan Grup Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun saat pentas di Acara Ngabungbang. Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG