Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 31 Mei 2021 18:44 WIB ·

Tol Sudah Dibangun Masih Ada yang Belum Dibayar, Titus: KJPP Harus Dengarkan Keluhan Warga

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Koordinator Komisi IV yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Titus Diah saat melakukan survei ke lokasi jalan tol yang masih dikomplain.

IST SURVEI: Koordinator Komisi IV yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Titus Diah saat melakukan survei ke lokasi jalan tol yang masih dikomplain.

SUMEDANGONLINE, KOTA – Koordinator Komisi IV yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Titus Diah memastikan, masih ada warga terdampak Tol Cisumdawu yang menolak ketetapan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Hal ini dipastikan Titus saat melakukan survei lapangan sekaligus memenuhi undangan para warga yang terkena dampak sosial dari pengerjaan tol di Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari.

“Kebetulan saya diundang oleh warga dari Desa Ciherang dan juga Desa Margaluyu. Ternyata benar, itu terjadi di Desa Margaluyu. Ada beberapa warga yang keberatan soal harga yang sudah ditetapkan oleh KJPP,” katanya kepada SumedangOnline, Senin 31 Mei 2021.

Menurut penuturan warga kepada Titus, dari pembebasan Tahun 2010, 2013 serta 2017, kebanyakan warga masih komplain mengenai harga yang belum sesuai serta ukuran yang juga dinilai tak sesuai.

Baca Juga  Ada Mesin Cetak Anyar, Pembuatan KTP di Disdukcapil Sumedang Bakal Cepat

“Warga sudah berusaha mengajukan keberatan kepada P2T dan juga tim 7. Dari pengakuan warga, itu tidak dipedulikan. Begitu juga setelah P2T dialihkan ke BPN, masih saja tidak ditindaklanjuti,” tuturnya.

Selain itu, para warga menyampaikan kepada Titus, ada lahan yang masih sengketa tetapi tetap dipaksa dan diantaranya yang sudah dijadilan disposal. Kemudian jalan kabupaten yang lahannya tidak dihibahkan. Lahan tersebut, juga sudah dibangun tol dan belum menerima pembayaran.

Menyikapi hal ini, Titus pun berharap agar KJPP ada keberpihakan kepada warga. Dia akan meminta kepada KJPP, agar jangan melakukan kesepakatan jika masih ada warga yang komplain. Dan selain itu, Tutus juga akan menyampaikan hal ini kepada pemerintah, agar mempertimbangkan persoalan tersebut.

Baca Juga  Sikap DPRD Sumedang Dites Aliansi Mahasiswa Terkait UU Ciptaker

“Jadi masih banyak yang komplain harga akibat tak sesuai. Pemerintah juga perlu turun serta memverifikasi terkait luasan dan harga tanah itu,” ucapnya.

Menurut Titus, dari beberapa kali dilakukan pengukuran tanah, komplain masih terus terjadi. Termasuk dengan harga, ada beberapa titik tanah milik warga yang belum dibayar tapi sudah dibangun.

“Jadi sekali lagi, saya mohon KPJJ untuk mengevaluasi kembali dan mendengarkan keluhan dari masyarakat ini,” tukasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG