SUMEDANG

Bappppeda Sumedang Susun Penyempuranaan RKPD Tahun 2023

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
Bappppeda Sumedang Susun Penyempuranaan RKPD Tahun 2023
Bappppeda Sumedang Susun Penyempuranaan RKPD Tahun 2023 | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANG ONLINE – Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Hj. Tuti Ruswati menyebutkan saat ini pihaknya tengah menyusun penyempurnaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sumedang Tahun 2023.

“Daerah dengan kewenangan menyusun pembangunan daerah sebagi satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan Nasional,” ungkap Tuti Ruswati dalam keterangannya. Kamis, 17 Maret 2022.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dikatakan dia, salahsatunya dokumen pembangunan daerah tersebut jangka waktu satu tahun yang disusun berpedoman pada rencana kerja pemerintah dan program strategis nasional yang ditetapkan pemerintah pusat.

Baca Juga  Kemenag Sumedang Bentuk Saka Amal Bhakti

“Dimana kegiatan ini guna melengkapi masukan dan saran dalam penyempurnaan RKPD, dengan hasil menyepakati permasalahan prioritas dan sasaran pembangunan daerah,” imbuhnya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir memberikan apresiasi terhadap seluruh stake holder para pemangku kepentingan yang telah ikut menjadi bagian terpenting guna mewujudkan sebuah perencanaan yang baik.

“Alhamdulillah berkat kerja keras Kita semua, dalam anugrah piagam penghargaan pembangunan daerah Sumedang dinilai oleh provinsi manjadi juara satu tingkat Jawa Barat,” ujar Bupati Sumedang.

Baca Juga  Hingga Juli 2016, Enam Rumah Kebakaran di Cimungkal

“Apapun kelebihan dan keuntungannya serta kekurangannya, kita di apresiasi dan kita diikut sertakan tingkat Nasional, jadi kita harus lebih baik lagi.”

“Curahkan segenap pemikiran ide kreatif, jadi jangan itu itu juga, berikan keleluasaan guna memberikan saran dan masukan bagi seluruh stakeholder.”

Berkaitan dengan RKPD, dia inginkan mulai dengan tujuan bernegara yakni untuk mensejahterakan rakyat, dan pemerintah daerah adalah instrumen negara untuk mensejahterakan rakyat.

Baca Juga  Dihadapan Wartawan Sumedang, Bupati: Saran-Kritik Jadi Energi untuk Perbaikan

“Bagaimana mensejahterakan rakyat yakni dengan menjalankan proses pelaksanaan pembangunan, proses ini akan berjalan dengan baik ketika perencaannya dijalankan dengan baik,” ungkapnya.

“Perencanaan seperti apa yaitu perencanaan yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Dalam rangka memberikan kesempatan bekerja, lapang usaha serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan daya saing,” demikian Dony Ahmad Munir. ***

Tinggalkan Balasan