Tema Pembangunan Sumedang 2024: SDM dan Digital Ekonomi Unggul, Daya Saing Punjul

Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman pada kegiatan Forum Perangkat Daerah Setda Tahun 2024 di Aula Tampomas Setda, PPS. Senin 6 Maret 2023.
Iwan Rahmat/SUMEDANGONLINE
Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman pada kegiatan Forum Perangkat Daerah Setda Tahun 2024 di Aula Tampomas Setda, PPS. Senin 6 Maret 2023.

SUMEDANGONLINESekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman menyebutkan tema dari kegiatan Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan RKPD 2024 yakni “SDM dan Digital Ekonomi Unggul, Daya Saing Punjul”

“Jadi kata kuncinya ada tiga. Pertama adalah SDM. Kedua digital ekonomi dan ketiga daya saing. Ini yang menjadi fokus kami di Tahun 2024,” ujar Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman pada kegiatan Forum Perangkat Daerah Setda Tahun 2024 di Aula Tampomas Setda, PPS. Senin 6 Maret 2023.

Dikatakan Sekretaris Daerah Sumedang, Tahun 2024 merupakan tahun yang krusial karena merupakan masa transisi yang mengantarkan dari kepemimpinan sebelumnya.

Baca Juga  Ingat Ya, Pemerintah Hanya Buka CPNS Lewat Formasi Khusus

“Jadi akan ada transisi di Tahun 2024, dan tahun itu akan sangat kental dengan suasana demokratis,” kata Sekda.

Dalam pelaksanaan Forum Perangkat Daerah tersebut, pihaknya mencoba mengelaborasi empat kebijakan sesuai dengan paradigma sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Yang pertama perencanaan top down , kedua buttom up , ketiga teknokratis, dan keempat politis,” tuturnya.

Sekretaris Daerah Sumedang mengatakan, saat ini e-Government Sumedang menjadi yang terbaik pertama di Indonesia dengan diraihnya Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi.

“Integrasi manusia dengan internet of think , virtual reality serta yang lainnya telah berjalan di Kabupaten Sumedang. Ini tidak terlepas dari kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang,” terangnya.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Jalan Bugel Tomo Amblas, Komisi D: lokasi itu memang rawan

Menurut Sekda, sekarang telah memasuki era industri 5.0, era society 5.0, dan era government 5.0 yang berbeda dengan 4.0 dan menjadi perhatian Pemda Sumedang di Tahu  2024,.

“Ada tiga hal yang membedakan 4.0 dan 5.0. Pertama adalah citizen centric atau harus berorientasi pada masyarakat.  Kedua adalah resiliensi atau ketahanan, baik ketahanan masyarakat terhadap pangan, ketahanan terhadap energi, dan ketahanan terhadap bencana. Ketiga adalah sustainability atau pembangunan berkelanjutan. Jadi inilah cara terbaik untuk mengantisipasi masa depan,” ungkapnya.

Baca Juga  Dua Rumah di Rancakalong, Hangus Terbakar

Dijelaskan Sekda, transformasi digital atau e-Government bukanlah sekedar teknologi, melainkan leadership.

“Teknologi hanya bagian kecil saja, (karena) yang paling utama adalah leadership. Pemerintahan Daerah mulai hari ini ke depan yang akan unggul adalah yang mempunyai SDM unggul, dan digital ekonomi unggul, sehingga punya daya saing yang punjul. Ini akan menjadi modal utama dan itu ada di Kabupaten Sumedang,” ujarnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK