Menu

Mode Gelap

ARSIP · 7 Jun 2010 21:56 WIB ·

Darmaraja Festival “Gelar Budaya Darmaraja” 2010

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

KOSAM / SO LONGSOR CISURAT: Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Ilustrasi. Foto: Istimewa / Yoyon

Darmaraja (SumedangOnline). Setelah sukses menggelar Darmaraja Festival Tahun 2006, Yoyon Darsono, S.Kar., M.Sen. seniman asal Darmaraja, yang sudah melanglang buana dilebih dari 40 negara, berkat menekuni berbagai macam alat musik tradisional dan kesenian Sunda, bermaksud menyelenggarakan kembali Festival serupa tahun 2010, dengan mengambil tema “Gelar Budaya Darmaraja”.

Acara akan digelar pada hari Sabtu, 7 Agustus 2010, di Alun – alun Kecamatan Darmaraja – Kabupaten Sumedang,  merupakan sebuah jawaban dan gerakan dalam mendukung upaya Kabupaten Sumedang sebagai “Puseur Budaya Sunda”. Tidak hanya kesenian yang ditampilkan tetapi juga pada hari Minggunya akan digelar Bazzar, masih ditempat yang sama.

Baca Juga  TAHUN BARU TARIF BARU

Kecamatan Darmaraja akan menjadi salah satu kantong budaya yang ada di Kabupaten Sumedang. Yoyon pun, mengungkap tujuan digelarnya acara tersebut, secara umum, menurutnya, adalah ikut berperan aktif dalam melestarikan Budaya Lokal / tradisional sebagai upaya penyelamatan budaya warisan leluhur, hal tersebut disampaikan Yoyon Darsono yang merupakan Manager Program Darmaraja Festival, dibantu Wawan Dharmawan (Aki Wangsa) sebagai Sutradara kepada SumedangOnline.

Lebih lanjut Yoyon menyebutkan, Event Darmaraja Festival, digelar sebagai upaya menghidupkan Kota Kecamatan Darmaraja yang secara historis merupakan cikal bakal Kerajaan Sumedang Larang. Namun kekinian, wilayah Kecamatan Darmaraja sebagian akan terendam oleh air dalam proyek raksasa Bendungan Jatigede.

Baca Juga  DUDI MELANGKAH BERAT DENGAN SEGUDANG PERSOALAN

Seniman di Kecamatan Darmaraja, menyambut baik Acara tersebut, terbukti sudah masuknya beberapa materi kesenian ke pihak panitia, diantaranya :

1. Seni Koromong Eyang Jangel Cileuweung Darmaraja;
2. Seni Terebang Darmaraja;
3. Rebana / Syamroh;
4. Beluk Darmaraja;
5. Gamelan Kiliningan;
6. Kawih Sunda Wanda Anyar;
7. Tari Terebang;
8. Ibing pintonan Penca Silat;
9. Kolaborasi;
10. Longser Keuyeup Bodas; dan
11. Kacapi Biola Maut.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 244 kali

Baca Lainnya

Warga OTD Kembali Berujuk Rasa

26 September 2012 - 12:30 WIB

EVA PURNAMA DEWI WAKILI JABAR KE NASIONAL

1 Oktober 2011 - 08:11 WIB

Proyek Waduk Jatigede Diminta Diwaspadai

29 September 2011 - 16:12 WIB

Eba, Dibangun TPT

26 September 2011 - 20:27 WIB

BPN Sumedang Rayakan HUT Agraria ke 51

23 September 2011 - 18:49 WIB

Bahaya! Kasus Bansos Pemkot Banyak Dipendam Media

22 September 2011 - 15:38 WIB

Trending di ARSIP