Home / ARSIP

Senin, 30 Agustus 2010 - 01:57 WIB

Acil : Tatanan Nilai Bangsa Indonesia Porak Poranda



Acil : Tatanan Bangsa Indonesia Porak Poranda. Foto : igun

Acil : Tatanan Bangsa Indonesia Porak Poranda. Foto : igun

SumedangOnline – Acil Bimbo dalam acara Diskusi dan Buka Bersama Pemuda dan Budayawan yang berlangsung hari Minggu (29/08) di Saung Bambu – Cikeruh, Kabupaten Sumedang, menyebutkan bahwa saat ini bangsa Indonesia harus lebih banyak berbicara masalah budaya, apalagi, menurutnya tatanan Nilai Bangsa Indonesia saat ini sudah porak poranda.

“Geuning ayeunatéh kondisi bangsa urangtéh nuju semrawut, tatanan nilai anu diwangun tina budaya sudah demikian porakporanda, teu acan aya! perjalanan bangsa Indonesia tatanan nilai porak poranda siga ayeuna”, tutur Acil.

Baca Juga  SAMSAT KELILING KUNJUNGI WADO

Ia bahkan menyebutkan tidak sedikit pembicara – pembicara di televisi, misalnya hanya dapat berbicara tetapi tidak intelek, padahal itu tokoh. “Kamari ieu usum ngobrol KPK, Polisi, Kejaksaan. Usum Century, Usum Anggodo, Usum Luna Maya, aya deui usum kompor sing baleledug di dapur, usum bensin ngamogokeun mobil masalah bensin, kamari nu terakhir usum rampog. ieu téh usum téh meni rupa – rupa ngan anu muncul téh anu teu genah wungkul“, lanjut Acil.

Baca Juga  Belum di-Sensus, Stiker sudah Nempel

Ia menambahkan tentang 3 aparat yang penjaga perairan yang ditangkap oleh bangsa lain, di daerahnya sendiri, tetapi bangsa kita tidak bisa punya konsep untuk menghadapinya.”Jika bukan bulan puasa katempo pisan urang teu walakaya“,lanjutnya.

Acil juga mensentil kepridian orang sunda, menurutnya apakah orang Sunda sudah menjadi Pribumi yang baik di tanah airnya, jawabannya “Tidak”.

Acil-pun sangat berharap dengan di Deklarasikannya Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda, dapat menular ke daerah lain. Kelemahan ki-sunda menurut Acil karena telah hilangnya Adeg-adeg ki Sunda itu sendiri.**(igun)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Bisnis WC Umum Siapa Yang Diuntungkan?

ARSIP

Unjuk Rasa Anti Israel di Sumedang

ARSIP

Survey kepada Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak SD/MI

ARSIP

Gagal Matakuliah LH, 122 Mahasiswa UT Gagal di Wisuda

ARSIP

Pasar Tumpah di Rancaekek Minta Dipindah

ARSIP

12 Muslim, Wasit Piala Dunia 2010

ARSIP

Antisipasi Dampak Sosial Jatigede

ARSIP

JALAN BERLOBANG, TEWASKAN NENEK dan CUCU