Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 26 Oktober 2016 - 02:01 WIB

Kades Rancamulya, akui ada pemotongan Rutilahu, ini alasannya



SUMEDANGONLINE: Terkait adanya pemotongan dana stimulan untuk rumah tidak layak huni (rutilahu) senilai Rp 3 juta dari 10 rumah yang seharusnya menerima kucuran dana Rp 10 juta, menimbulkan gejolak di masyarakat Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara.
Sumber SumedangOnline, yang merupakan warga setempat, mempertanyakan kemana larinya dana potongan tersebut.
Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Desa Rancamulya, Oteng Sulaeman, membenarkan terkait adanya pemotongan tersebut. Ia menyebutkan pemotongan dilakukan karena dalam perjalanan jumlah rumah yang perlu dibantu dari dana rutilahu bertambah jadi 12 rumah. Selain itu, kucuran dana itu pun masih harus dipotong oleh PPN sebesar 11 persen.
“Iya memang ada pemotongan, karena kalau seharusnya itu untuk 10 rumah, tapi realisasinya jadi 12 rumah. Semua sudah dibangun. Dana bantuan rutilahu itu Rp 10 juta dari Provinsi, kalau dari Kabupaten Rp 5juta. Terus ada juga pemotongan pph dan ppn yang 10jt pph, ppn 11 persen, yang Rp 5 juta juga sama. Jadi yang Rp 10 juta menjadi RP 7 juta dan yang Rp 5 juta jadi Rp 4 juta buat 10 rumah. Anggaran yang Rp 10 juta dan yang Rp 5 juta itu anggaran 2014,” kata Oteng saat dikonfirmasi.
Ia pun mengimbau masyarakatnya agar mempertanyakan langsung ke pihak desa, jika ada sesuatu yang dirasa janggal. “Jadi jangan langsung ke wartawan. Kepada masarakat yang mendengar dan melihat bantuan-bantuan tolong tanyakan kepada pihak desa, karena jangan sampai ada masalah di luar, ada segelintir masyarakat yang merasa kurang puas dan tidak percaya sama pihak desa,” imbaunya. (iwn)

Baca Juga  MAP Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sempat Lakukan Perjalanan ke Sejumlah Daerah
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ara dicurhati fasum fasos di relokasi Jatigede memprihatinkan

Pilihan Redaksi

Kecamatan Paseh akan catatkan kembali Tari Umbul
Papan Proyek Pembangunan Alun-alun (Penataan Lanjutan Alun-alun Sumedang) (Jalan Prabu Geusan Ulun Sumedang Kel. Regolwetan Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang)

SUMEDANG

Penataan Lanjutan Alun-alun Sumedang dari Pinjaman PEN, FITRA: Emang Seberapa Urgent
Penyaluran bantuan langsung tunai non-DTKS APBD Sumedang melalui Bank Sumedang, di Desa/Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang. Jumat, 1 Mei 2020.

SUMEDANG

Dari Usulan 224 Pemanfaat di Desa Sukasari, 43 dapat BLT Pemkab Sumedang

SUMEDANG

RSUD Sumedang Kehabisan Obat Bius

SUMEDANG

Brak, Pemotor Gagal Nyalip Dump Truk Alami Kecelakaan
FK-OTD Jatigede saat menggelar audensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumedang. Selasa, 29 Juni 2021.

Pilihan Redaksi

FK-OTD Jatigede Tagih Janji Pemda Sumedang Selesaikan Permasalahan Dampak Sosial pada Juli 2021

Pilihan Redaksi

20 Hektar Semak di Hutan Pamuruyuan Ludes Terbakar