Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 13 Jul 2018 11:07 WIB ·

PKM UIN SGD Bandung Akan Gelar Workshop Pencegahan Stunting di Sumedang

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

ALUMNI ADINIRA 92 LAKUKAN GERAKAN NYATA UNTUK DUKUNG DOAMU ESA:

SUMEDANGONLINE, KOTA – Dosen sekaligus peneliti di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Neneng Windayani, M.Pd berencana akan menggelar workshop pengenalan dan pembuatan susu kefir serta pendampingan selama 1 bulan kepada masyarakat Rancakalong Sumedang. Kegiatan tersebut kata Nenang, dalam rangka pencegahan stunting atau gizi buruk pada anak.

Alumnus SMA Negeri 1 Sumedang Lulusan Tahun 1992 itu menyebutkan sisu Kefir sangan bermanfaat untuk mencegah gizi buruk pada anak. Salahsatunya, sebut dia, untuk membantu menjaga kesehatan baik untuk dewasa maupun anak-anak, termasuk yang masih dalam kandungan. Jika program ini sukses dilaksanakan, harapan tingkat kesehatan masyarakat akan tumbuh baik. Tentunya, kesehatan yang baik akan menumbuhkan kesejahteraan secara berbanding lurus.

Baca Juga  Kadis Pertanian Ngaku Siap Ikut Open Bidding Sekda Sumedang

“Tema kegiatan ini juga disesuaikan, yaitu Pencegahan Stunting melalui Pemanfaatan Kefir Susu. Dan In syaa Allah akan di selenggarakan pada tanggal 17 Juli sampai dengan 18 Agustus 2018” kata Neneng yang juga satu angkatan dengan Bupati Terpilih Sumedang Dony Ahmad Munir itu.

Neneng juga menjelaskan bahwa peserta sudah full, sebangak 60 orang yang berasal dari  (Keluarga Penerima manfaat Program Keluarga Harapan, Kader PKK, Posyandu, Bidan Desa, Perangkat Desa)

Sasaran penerima manfaat: ibu hamil, ibu menyusui, balita.

Adapun teknis kegiatan berupa workshop pengenalan dan pembuatan kefir susu, pendampingan pemanfaatan kefir susu (selama 1bln), evaluasi akhir kegiatan.

Kegiatan ini menurut Neneng adalah Hasil kerjasama  KPM PKH Kemensos, Kab Sumedang, Desa Pasir Biru Rancakalong, ICMI Orwil Jabar, Komunitas Kefir Indonesia. Natura Kefir, Dapur Kefir Bandung,  Mr. Fid dan Relawan Adinira 92.

Baca Juga  Sesudah 50 Tahun, Sopir Angkot Ini Bisa Tembus Cijeunjing

Saat dihubungi secara terpisah melalui Whatsapp, ketua Relawan Adinira, Ganjar Saefudin menyampaikan bahwa Para Alumni Smansa Sumedang (adinira) khususnya angkatan 1992, sangat berharap ada perubahan di Sumedang. Tidak sedikit dari mereka yang siap membangun Sumedang bersama Doamu Esa melalui keahlian dan profesinya masing-masing. Seperti dicontohkan  Teh Neneng. “Teh Neneng itu adalah Dosen, peneliti, dan penggiat Kefir. Alumni Kimia Bahan Alam dari ITB, sehingga pas sekali jika ilmu dan pengalamannya bermanfaat untuk Sumedang” kata Ganjar. *** RN

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Waspada, Hipertensi Penyakit Tak Menular Tapi Penyebab Tertinggi Kematian di Indonesia

8 November 2021 - 12:16 WIB

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, H. Aan Sugandi saat foto bersama dengan para jurnalis. Senin, 8 November 2021.

Lima Minuman Menyehatkan Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

31 Oktober 2021 - 15:47 WIB

Minuman Sehat

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.
Trending di Pilihan Redaksi