Home / SUMEDANG

Kamis, 23 Agustus 2018 - 16:07 WIB

Dinsos P3A Gelar Evaluasi Bansos Rastra



 

SUMEDANG ONLINE – Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) menggelar rapat Evaluasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) Tahun 2018 di Ruang Rapat Cakrabuana IPP Setda Kab. Sumedang (23/8).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Sekda Kab. Sumedang, Ir. H. Amim, MM serta diikuti oleh perwakilan dari 26 kecamatan Se-Kabupaten Sumedang, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan(TKSK), tim koordinasi Bansos Rastra serta unsur terkait lainnya.

Dikatakan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinsos P3A Kab. Sumedang, Drs. R. Asep Muldansyah A., M.Si Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) merupakan program bantuan sosial dalam bentuk beras berkualitas medium yang diberikan kepada para keluarga penerima manfaat (KPM) yang diberikan setiap bulannya sebanyak 10 Kg.

“Bantuan Sosial Rastra diberikan kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima manfaat program Bansos Rastra, dalam hal ini adalah keluarga miskin dan keluarga rentan miskin dan diberikan secara gratis,” katanya.

Disampaikan R. Asep lebih lanjut, diberikannya Bantuan Sosial Rastra salah satunya untuk mengurangi beban pengeluaran serta meningkatkan akses masyarakat miskin dan rentan miskin dengan memenuhi kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasar mereka (keluarga miskin dan rentan miskin).

Baca Juga  Warga Jatigede Ini Tertipu Modus Telepon, Rp 600 ribu Raib

“Salah satu manfaat diberikannya bansos rastra adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM, meningkatkan akses pangan baik secara fisik maupun ekonomi, berfungsi sebagai pasar bagi para petani padi, membantu pertumbuhan ekonomi di daerah serta manfaat-manfaat lainnya,” ujar R. Asep.

Terkait pengelolaan Bansos Rastra, dalam kesempatan tersebut R. Asep menjelaskan bahwa Tim Koordinasi Bansos Rastra telah dibentuk secara berjenjang mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kecamatan untuk menciptakan harmonisasi dan sinergi dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban program Bansos pangan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh R. Asep tim koordinasi Kab. Sumedang dan tim koordinasi kecamatan juga telah terbentuk serta bertugas untuk melakukan koordinasi perencanaan, anggaran, pemutakhiran data KPM, sosialisasi, pelaksanaan penyaluran, pemantauan dan evaluasi, pengelolaan dan penanganan pengaduan serta melaporkan hasil pekerjaan kepada tim provinsi dan tim koordinasi bansos pangan pusat.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinsos P3A Drs. H. Asep Tatang Sujana, M.Si, mengatakan bahwa Pemkab sendiri sejauh ini telah menyiapkan strategi khusus untuk membantu pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat. Salah satu strategi dimaksud, bertujuan mengurangi beban masyarakat serta berorientasi pada peluang penghasilan masyarakat dan juga mengusung kebijakan strategi yang dapat memobilisasi ekonomi masyarakat.

Baca Juga  Kejuaraan Sumedang Open II 2021, Indra: Bagian dari Pembinaan Usia Dini

“Kesepakatan yang telah kita ambil pada kegiatan hari ini (Kamis, 23/8) diantaranya adalah tim koordinasi Bansos Rastra Kab. Sumedang siap melaksanakan sosialisasi program yang lebih intensif kepada masyarakat luas terutama kepada KPM, siap menerima dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat dengan segera serta mempercepat waktu pendistribusian dalam rangka Agustus tuntas, ” ucapnya.

Kecuali itu, Asep juga menjelaskan bahwa Bulog akan sesegera mungkin menyalurkan Bansos Rastra dengan mengantarkannya ke titik distribusi, akan melaporkan pelaksanaan penyaluran Bansos Rastra setiap bulannya serta melaksanakan verifikasi dan validasi data.

“Hasil kesepakatan yang diperoleh dari pelaksanaan evaluasi hari adalah untuk bahan penyempurnaan bagi program Bansos Rastra di Kabupaten Sumedang dan untuk mewujudkannya saya harap seluruh stakeholder desa, kecamatan serta kabupaten terus bersinergi untuk menyelesaikan program ini,” tukas Asep Tatang diakhir sambutannya. (Iwan)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Milangkala Pamulihan, Doakan Palestina
Pemerintah Kabupaten Sumedang mewacanakan akan melakukan parkir berlangganan untuk mereka yang parkir di bahu jalan.

SUMEDANG

Parkir Berlangganan di Sumedang Dimulai 2021
H. Idad Istidad, Ketua PC NU Kabupaten Sumedang usai acara Sosialisasi Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada Para Ulama dan Organisasi Keagamaan, Posko Gugus Tugas Pendopo IPP sumedang. Sabtu 30 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

NU Sumedang: Salat Jumat Diperbolehkan dengan Catatan Ikuti Protokol Kesehatan
Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. didampingi Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM melakukan panen padi usai penandatanganan kerja sama, Jumat 11 Juni 2021.

Pilihan Redaksi

Pemprov DKI dan Pemkab Sumedang Jalin Kerja Sama, Hasil Pangan Sumedang Dipasarkan di Jakarta
Sejumlah pekerja tengah membuat area jogging track di Tahura Gunung Palasari Sumedang, Kamis 5 November 2020.

SUMEDANG

Tahura Gunung Palasari Segera Miliki Area Jogging Track

Pilihan Redaksi

Dorong Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Pemuda Karangpakuan

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Bekuk Pengedar Narkoba Jaringan Lapas
Kepala Dusun III Desa Sukamantri Rahmat menaiki menara buatan yang ada di Wisata Lawang Cinta di Dusun Cinarengta RT 02 RW 05 Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG

Wisata Lawang Cinta Jadi Unggulan di Sukamantri