Menu

Mode Gelap

FEATURE & OPINI · 26 Nov 2018 11:21 WIB ·

Pentingnya Guru Yang Cerdas (Sebuah Tinjauan Islam)

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

HARI-GURU:

MENURUT Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat 6, guru adalah salah seorang pendidik. Undang-undang tersebut berbunyi : “Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisifasi dalam penyelenggaraan pendidikan”.

 

Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen dikenal istilah guru, dosen, dan guru besar atau profesor. Adapun yang dimaksud dengan guru adalah  pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

 

Oleh : Usup Supriadi, S.Pd.I

(Guru PAI di MIS Cikoneng – Ganeas)

Sebagai muslim tentu meyakini bahwa manusia berasal dari Allah, hidup di dunia untuk beribadah kepada-Nya dan akan kembali kepada-Nya, yang selanjutnya akan menghadapi pengadilan Allah untuk menentukan balasan yang layak diperoleh sesuai amal ibadah yang pernah dilakukan semasa hidup di dunia. Ibadah dalam arti ketaqwaan kepada Allah Swt, yakni menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala yang dilarang oleh-Nya.

Baca Juga  Milangkala Pamulihan, 33 Anak Yatim Dapat Santunan

 

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Aku pernah bersama Rasulullah Saw, lalu seorang Anshar mendatangi Beliau Saw, ia memberi salam kepada Nabi Saw, kemudian bertanya : wahai Rasulullah,  orang beriman yang bagaimanakah yang paling baik itu ? Beliau Saw bersabda : Yang paling baik akhlaknya. Lalu orang beriman yang bagaimanakah yang paling cerdas ? Beliau bersabda : Yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapannya untuk hidup setelah kematian. Merekalah orang yang paling cerdas. (HR. Ibnu Majah).

 

Guru yang cerdas adalah guru yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapannya untuk hidup setelah kematian. Bentuk persiapan untuk hidup setelah kematian adalah taat setaat-taatnya kepada Allah dengan mengikuti Rasulullah Saw. taat setaat-taatnya kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan bagaimanapun, hingga mati dalam keadaan muslim. “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa dan janganlah kalian mati kecuali mati dalam keadaan muslim. (TQS. Ali-Imran [3]:102).

Baca Juga  Resmi, Dulur Akur di deklarasikan

 

Guru yang cerdas, ia mendidik murid-muridnya agar selain memiliki pengetahuan, ilmu dan pengalaman belajar untuk kesiapannya menjalani kehidupan di dunia, juga mampu mendidik murid-muridnya agar menjalankan ketaqwaan untuk persiapannya menghadapi kehidupan setelah kematiannya.

 

Kecerdasan ini harus ada pada diri semua guru, karena kecerdasan ini merupakan bentuk ketaqwaan yang wajib dijalankan oleh setiap orang yang beriman kepada Allah.

 

Selamat Hari Guru Nasional.

Selamat menjadi guru yang cerdas.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA