Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 7 Desember 2018 - 17:14 WIB

Tingkatkan Kualitas Aparatur Pemdes, 93 Kades Dilatih Management Character Building



BANDUNG – Usai dilantik di Gedung Negara, sebanyak 93 kepala desa se-kabupaten Sumedang keesokan harinya langsung mengikuti pelatihan Management Character Building bagi para kepala desa pemerintahan Kabupaten Sumedang yang dipusatkan di Pusdikmin Lemdiklat POLRI Kecamatan Gedebage kota Bandung, Jum’at (7/12/2018).

 

Pelatihan Management Character Building ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 7 sampai dengan tanggal 8 desember 2018, yang terselenggara atas kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang  dengan  Pusdikmin Lemdiklat POLRI.

 

Pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan dan dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan Administrasi (Kapusdikmin) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Kombes Pol Bobby Adoe, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang Tedy Mulyono, Para pejabat dilingkungan Pusdikmin Lemdikpol POLRI  dan Jajaran Dinas PMD Kabupaten Sumedang.

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menyampaikan, bahwa Pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kualitas dan kemampuan aparatur pemerintahan desa dalam melaksanakan fungsi pemerintahan desa sesuai dengan amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Baca Juga  Indowisata Hotel School, Cetak SDM Khusus Kapal Pesiar

 

Erwan berharap, kegiatan yang dilaksanakan bisa berimplikasi terhadap peningkatan kapasitas pemerintahan desa menuju pencapaian desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

 

“Melalui kegiatan yang dilaksanakan, mudah-mudahan bisa menjadi modal berharga bagi saudara-saudara dalam melaksanakan tugas  sebagai aparatur pemerintah. Bdiharapkan  hal ini erimplikasi terhadap peningkatan kapasitas pemerintahan desa menuju pencapaian desa yang maju, mandiri dan sejahtera” harapnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang Tedy Mulyono dalam keterangannya, Kegiatan ini baru  kali pertama dilaksanakan dan akan menjadi pioner untuk pelaksanaan angkatan selanjutnya. Ia berharap, pemerintah daerah dapat terus memberikan dukungan terutama dari sisi anggaran demi kesinambungan program kegiatan yang dilaksanakan.

 

“Saya harapkan Pemerintah daerah terus mendukung termasuk juga dari sisi anggaran, karena kami sudah ada kesepakatan dengan pihak diklat untuk dapat melanjutkan penyelengaraan pelatihan dan pendidikan managemen kepemimpinan pemerintahan desa ini untuk angkatan kedua dan seterusnya” terangnya.

Baca Juga  Pesan Bupati Sumedang, Kepala Desa Harus Bebas dari Narkoba

 

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kadis PMD, Kepala Pusat Pendidikan Administrasi (Kapusdikmin) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Kombes Pol Bobby Adoe  mengapresiasi atas kesempatan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Sumedang kepada Pusdikmin Lemdikpol dalam memfasilitas pelaksanaan kegiatan tersebut.

 

Dalam  pelaksanaannya, lanjut Bobby, selama dua hari pihaknya akan memaksimalkan pelatihan tersebut, dengan memberikan masukan materi berupa nilai-nilai kebangsaan, integritas dan kedisiplinan.

 

“Seorang pemimpin harus disiplin sehingga dapat diikuti oleh bawahannya, tidak hanya disiplin dalam bekerja, tetapi disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Nantinya dalam pelaksanaan pelatihan ini, kepala desa harus mengikuti pelatihan secara tepat waktu, kita ingin menerapkannya agar para kepala desa agar mampu memanage waktunya dengan baik” tegasnya. [iwan]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Sambut HUT TNI ke-72, Kodim 0610/Sumedang ziarahi makam pahlawan

Pilihan Redaksi

Terancam Abrasi, Kondisi Rumah Pinggir Sungai Ini Belum Diperhatikan
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik lima kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021).

Bandung Raya

Lima Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2020 di Jabar Resmi Dilantik

Pilihan Redaksi

Penting, Pendidikan Politik bagi Kaum Perempuan

Pilihan Redaksi

Penyemprotan Disinfektan, Polres Sumedang Akan Turunkan Dua Water Cannon

SUMEDANG

Cadas Pangeran Retak, Pemkab Minta Perbaikan Pusat

OLAHRAGA

Iwan dan Dian Sabet Sekda Cup 2016

Pilihan Redaksi

Mercy Z 1323 CU Terbakar di Depan Soto Bandung