Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 20 Desember 2019 - 13:48 WIB

Pencairan Ganti Rugi Jatigede yang Inkrah PN Sumedang Mulai Dibayar

Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin

KOMISI I DPR RI FRAKSI PDI PERJUANGAN TB HASANUDDIN KOMISI I DPR RI FRAKSI PDI PERJUANGAN TB HASANUDDIN: Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin


SUMEDANG.ONLINE – Proses pembayaran ganti rugi akibat proyek Waduk Jatigede, mulai dibayarkan secara bertahap. Informasi diperoleh dari Anggota Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin menyebutkan jika per-hari ini, Jumat (12/12/2019) telah mulai ada pembayaran ganti rugi di Kantor Satuan Kerja Jatigede.

”Alhamdulillah, tahun ini akan dibayar 25 orang dengan nilai Rp 1.3 Miliar, jadi tinggal 406 warga lagi dengan nilai Rp 40.4 Miliar dari sisa anggaran di Satker. Informasi baru tadi jam 9 pagi,” kata Tubagus Hasanuddin saat dikonfirmasi SUMEDANG.ONLINE, Jumat, 20 Desember 2019.

Menurut dia, konferensi pers yang dilakukan pihaknya yang langsung melakukan koordinasi dengan pihak kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membuahkan hasil.

“Semoga mulai saat ini, Satker terbuka dan mudah dihubungi untuk rakyat mendapatkan info tentang hal-hal yang berkaitan dengan itu. Sehingga rakyat lebih mudah mendapatkan informasi apapun yang berkaitan dengan masalah itu. Karena sebagai pelayanan masyarakat harus mampu memberikan pelayanan maksimal, kan kita di gaji oleh rakyat,” ujarnya.

Baca Juga  Penanggulangan AIDS, ODHA Jangan Dikucilkan

Sebelumnya dalam jumpa pers dengan para wartawan di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang, TB Hasanuddin mendapatkan keluhan adanya 431 warga atau senilai Rp 41,7 miliar yang belum dibayar, padahal mereka sudah inkrah Pengadilan Negeri Sumedang.

Pada saat jumpa pers tersebut, dan hasil dari koordinasi dengan Kemnterian PUPR, disebutkan TB, saat itu pihak PUPR akan segera memprosesnya sesuai dengan prosedur. Dia memastikan pembayaran ganti rugi akan segera dibayarkan.

“Dan saya sudah minta diproses sesuai dengan prosedur ke Pusat, lewat tentu menteri PUPR. Saya sudah komunkasikan sama beliau, dan menurut beliau insyaallah slotnya sudah akan disiapkan dan kemudian sesuai dengan haknya akan diturunkan, dimasukkan dalam (anggaran) tahun 2020,” jelas Tubagus Hasanuddin, saat jumpa pers, Kamis, 19 Desember 2019.

Baca Juga  Jabar Ekspor 30 Ton Ubi Jalar ke Hong Kong

Lebih lanjut pria yang karib disapa TB itu pun, dalam komunikasi dengan pikah Kementerian PUPR, pihaknya memohon dalam periode ini 2-3 tahun ke depan masalah lainnya yang menjadi hak dari OTD Jatigede sebagai akibat di buatnya Waduk Jatigede ini, untuk dapat diselesaikan secara komprehensif.

“Dan itu, disetujui. Sehingga saya minta kepada Pak Dede, kepada khususnya dari Dapil setempat. Saya minta juga ke Pak Atang coba dibuat tim kecil, disukusi dengan OTD, daftarkan masalahnya apa. Dan kalau itu sudah divalidasi kebenarannya, kita akan berikan haknya sesuai dengan prosedur yang berlaku, sesuai dengan janji pemerintah pusat. Itu yang saya dapat dari diskusi hasil itu,” pungkasnya. **FITRIYANI GUNAWAN***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Pemkab Sumedang Fasilitasi Naker dan Kesempatan Kerja

Pilihan Redaksi

Ditinggal Mudik, Rumah dan Kandang Sapi Ludes Terbakar

Pilihan Redaksi

Sebanyak 100 CCTV Bakal Dipasang di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG

Bina Marga Prov Siap Bantu Korban

Pilihan Redaksi

[Longsor Sumedang-Subang] Kurang dari 4 Jam Kendaraan Sudah Bisa Melintas
Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah, dalam sebuah acara belum lama ini.

Pilihan Redaksi

PIRA Beri Peluang Perempuan untuk Jadi Pengusaha
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual reality di Aula Tri Brata Polres Sumedang, Selasa 1 Juni 2021.

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Reality

SUMEDANG

Ramai-ramai Nikah di 11-11-11