Menu

Mode Gelap

BISNIS · 30 Mar 2020 01:02 WIB ·

Ekspor Mangga Gedong Gincu Sumedang Terganggu Korona

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

SUMEDANG1585460603:

SUMEDANG.ONLINE, TOMO – Wabah Corona (Covid-19) mulai dirasakan dampaknya oleh para petani di Kabupaten Sumedang. Seperti yang dialmi para petani Gedong Gincu, mereka tak bisa lagi mengekspor mangga tersebut ke Luar Negeri.

Tak hanya ke Luar Negeri, pasar buah tempat para petani menjual Gedong Gincu di Cibitung pun direncakan bakal ditutup.

“Pemasaran mangga gedong gincu saat ini terganggu korona dan tentunya ini merugikan para petani mangga,” kata Ketua Assosiasi Petani Mangga Kabupaten Sumedang Inta Suminta seperti dilansir laman resmi Pemkab Sumedang, Ahad, 29 Maret 2020.

Baca Juga  KPU Sumedang Pastikan Logistik Pilkada Serentak 2018 Aman

Selama ini yang menjadi mitra pangsa pasar luar negeri diantaranya negera-negara yang ada di kawasan Eropa. Namun setelah kawasan itu pandemi Korona ekspor pun disetop.

“Para eksportir baru merencanakan kembali mengekspor buah buahan setelah wabah korona selesai. Dan berharap ekspor buah buahan bisa mulai dilakukan pada September 2020. Awalnya cuma ekspor ke Cina yang ditutup, sekarang pangsa pasar ke Eropa yang ditutup. Saat ini untuk Cina dan Rusia sebenarnya sudah mulai kembali dibuka,” jelas dia.

Baca Juga  Seorang Bocah SD di Ujungjaya Sumedang Masuk Sumur Tua

Meski telah mulai ada yang membuka, namun para eksportir masih terkendala ekspedisi yang menggunakan pesawat. Jika lewat laut, sebut Inta, waktunya lama dan bisa busuk di jalan.

Terkait pasar lokal, Inta menjelaskan, jika pasar di Jabodetabek ditutup, pihaknya paling menjual di Pasar Jatibarang atau pasar lokal lainnya. Namun, kapasitasnya sangat kecil. *VRS/FITRI*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Wabup: Rest Area Tol Cisumdawu Wajib Ada Produk UMKM Sumedang

27 Januari 2022 - 17:45 WIB

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, saat memberikan sambutan pada Workshop PaDi UMKM di Aula Tampomas, Kamis, (27/1/2022).

HIPMI Jawa Barat Bekali Para UMKM di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:41 WIB

Pembekalan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Naik Kelas bersama PaDi UMKM dan HIPMI dibuka Wakil Bupati Sumedang didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Sumedang, Kepala Diskopukmpp Kabupaten Sumedang serta Ketua HIPMI Provinsi Jawa Barat di Aula Tampomas IPP Setda Kabupaten Sumedang. Kamis, 27 Januari 2022.

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.
Trending di BISNIS