Menu

Mode Gelap

BISNIS · 30 Jun 2020 15:27 WIB ·

Face Shield Ariani Produksi Sumedang Mampu Tembus Pasar Solo

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir meninjau langsung perajin face shield di Dusun/Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara. Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) yang dikelola Nina Ariani itu telah berhasil beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid dan berhasil membaca dan menangkap peluang. Sehingga pemasaran produk Face shield nya mampu menembus pasar luar daerah.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE TINJAU UMKM: Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir meninjau langsung perajin face shield di Dusun/Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara. Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) yang dikelola Nina Ariani itu telah berhasil beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid dan berhasil membaca dan menangkap peluang. Sehingga pemasaran produk Face shield nya mampu menembus pasar luar daerah.

SUMEDANG, SO — Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir meninjau langsung perajin face shield di Dusun/Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara. Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) yang  dikelola Nina Ariani itu telah berhasil beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid dan berhasil membaca dan menangkap peluang. Sehingga pemasaran produk Face shield nya mampu menembus pasar luar daerah.

“Ini satu UMKM yang berhasil bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi ini. Bisa membaca dan menangkap peluang kebutuhan di era pandemi ini. Alhamdulillah di sini dengan jumlah 17 orang dipasarkan ke berbagai daerah. Pemda sangat mendukung, akan kami support untuk maju dan lebih berkembang karena dapat menangkap peluang, dan kekuatan terbaru ini UMKM. Untuk itulah kita akan terus support yang bisa beradaptasi diera pandemi bisa membaca dan menangkap peluang,” ujar Dony Ahmad Munir saat meninjau langsung. Selasa, 30 Juni 2020.

Baca Juga  Jabar Tetapkan Upah Minimum Provinsi Tahun 2021

Perancang kerajinan face shield, Aldy Munawar menyebutkan awal mula dirinya melihat peluang itu dari internet. Dia melihat untuk pengaman diri di industri kebanyakan menggunakan face shield. Pertamanya dia, ingin memproduksi itu di Bandung, untuk keperluan Rumah Sakit di Bandung.

“Ternyata pas saya pulang ke Sumedang, ternyata di Sumedang juga banyak peminatnya,” ungkap Aldy.

Baca Juga  MPP Sumedang Mulai 23 Maret Ditutup Sementara

Imbas adanya keranjinan face shield tersebut 17 orang warga yang ada di Dusun Rancamulya terkena imbas. Mereka turut serta diberdayakan untuk memproduksi, karena pesanan yang datang dari berbagai daerah.

“Mereka kebanyakan yang pada di rumahkan,” ujarnya.

Untuk pemasarannya sendiri, dikatakan dia, lebih banyak memanfaatkan reseller. “Saat ini memang baru offline tapi minggu depan sudah ada rencana mau online. Pemasarannya sudah pernah ada pemesanan dari Solo, SMK 1 Magetan sebanyak seribu, Purwakarta empat ribu, Tanah Abang dan Bandung juga,” ungkap dia yang menyebutkan dalam sehari mampu memproduksi 1.500 face shield. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 60 kali

Baca Lainnya

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi