Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 4 Jun 2021 18:49 WIB ·

Mendes PDTT Resmikan Program Desa Cantik Simpatik dan Integrasi e-Sakip Desa di Sumedang

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Program Desa Cantik Simpatik dan Integrasi e-Sakip Desa dengan Sistem Informasi Desa, Program di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Jumat 4 Juni 2021.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE PERESMIAN: Program Desa Cantik Simpatik dan Integrasi e-Sakip Desa dengan Sistem Informasi Desa, Program di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Jumat 4 Juni 2021.

SUMEDANGONLINE, KOTA – Pemerintah Kabupaten Sumedang, secara resmi meluncurkan Program Desa Cantik Simpatik dan Integrasi e-Sakip Desa dengan Sistem Informasi Desa, Program. Peresmian ini dilakukan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonsia, Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Jumat 4 Juni 2021.

Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemendes PDTT RI, BPS dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena telah memberikan perhatian serta dukungan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang, dalam rangka percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa melalui Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

“Hadirnya Pak Menteri menjadi sebuah kebanggaan, kebahagiaan dan motivasi bagi Kabupaten Sumedang, untuk bisa terus lebih meningkatkan kinerjanya. Baik itu dalam penyelenggaraan pemerintahan, melaksanakan pembangunan serta melayani masyarakat. Kami pun terus berikhtiar mengakselerasi tujuan bernegara yaitu mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Tukang Becak Terima Bantuan Sembako dari IGORA Sumedang

“Latar belakang Sumedang memiliki inovasi e-SAKIP Desa yaitu untuk mengarahkan pengelolaan keuangan desa secara lebih transparan, akuntabel dan berorientasi pada hasil. Dengan SAKIP Desa ini diharapkan Dana Desa dan sumber keuangan desa lainnya dapat dikelola secara akuntabel serta berbasis kinerja, terutama bagaimana peran desa dalam menurunkan angka kemiskinan dan stunting,” tambah bupati.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT RI, sangat mengapresiasi e-SAKIP Desa karena sangat nyambung dengan SDGs Desa. Menurutnya, SDGs Desa sebagai sebuah konsep dan implementasi sedangkan e-SAKIP dalam konteks pengawasan.

“Ini sangat luar biasa, sehingga saya yakin penggunaan Dana Desa di Kabupaten Sumedang, sudah betul-betul berbasis pada penyelesaian masalah. Ini akan kita bawa ke skala nasional, dan di replika di daerah lainnya dalam upaya percepatan penurunan angka kemiskinan,” ungkapnya.

Baca Juga  Pra HANI, BNNK Sumedang Gelar Gowes Jabar Bersinar Juara Lahir Batin Menuju Indonesia Bersih Narkoba

Dalam kesempatan ini, dilakukan penyerahan berbagai penghargaan. Diantaranya penghargaan dari Menteri Desa PDTT kepada Pemda Kabupaten Sumedang sebagai pelopor dalam pengembangan SAKIP Desa serta penghargaan kepada Desa Terbaik dalam pelaksanaan pendataan SDGs.

Turut hadir Sekjen Kemendes PDTT (Taufik Madjid), Para Deputi Kementerian Desa PDTT, BPS Pusat, Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang, Ketua DPRD Kabupaten Sumedang dan tamu undangan lainnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG