Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 4 Jun 2021 18:56 WIB ·

Ka BPI Apresiasi Command Center yang Dimiliki Sumedang

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Ka BPI,Dr. Suprapedi, M. Eng.Sc setelah meriview Command Center Sumedang, Jumat 4 Juni 2021.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE WAWANCARA: Ka BPI,Dr. Suprapedi, M. Eng.Sc setelah meriview Command Center Sumedang, Jumat 4 Juni 2021.

SUMEDANGONLINE, KOTA – Comand Center yang dimiliki Kabupaten Sumedang, dinilai sudah berjalan dengan baik. Seperti diungkapkan Kepala Badan Pengembangan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Ka BPI) Dr. Suprapedi, M. Eng.Sc setelah meriview Command Center Sumedang.

“Dilihat secara fisik, Command Center di Sumedang dinilai sudah sangat ‘excellent’ baik dari tampilan screen, voice maupun dari tata letaknya,” ungkapnya, Jumat 4 Juni 2021.

Menurut Suprapedi, konten yang disajikan khususnya ketersediaan data di Command Center Sumedang, sudah sangat komprehensif dan terintegrasi.

“Dengan satu data, Kabupaten Sumedang bisa melakukan apapun baik dalam perencanaan maupun mengambil decicion. Semuanya dengan smart decicion,” ungkapnya.

Dia manambahakan, dari sistem yang dikembangkan dan digunakan di Command Center Sumedang, masuk dalam kategori DSS (Decicion Suport System) yang bisa membantu mendukung dalam pengambilan keputusan.

Terkait hal itu, pihaknya akan mendorong agar sistem yang ada, dapat menjadi referensi dan insiprasi bagi kabupaten/kota lainnya maupun provinsi, untuk ditingkatkan di level nasional.

“Saya kira ini sangat bagus sekali dan hal semacam ini harus diviralkan. Seperti ini, bisa menjadi tempat wisata untuk belajar. Kami pernah membuat suatu desa digital, itu bisa mendatangkan pendapatan bagi desa, ini juga bisa seperti itu,” tuturnya.

Baca Juga  Kementerian Agama Tetapkan Hari Raya Idul Adha 20 Juli 2021

Suprapedi juga sangat mengapresiasi gagasan Sekda Sumedang, Herman Suryatman dan mengharapkan sistem digital ini dapat memberi manfaat dan mengintegrasikan semua pembangunan dalam satu ruangan.

“Dari diskusi tadi bisa tahu sendiri Kalau ingin menjadi kabupaten atau desa export cukup dengan dashboard yang disini itu langsung bisa dibuat,” tuturnya.

Terakhir, Suprapedi memberikan masukan, agar kreativitas dan inovasi harus lebih diingkatkan yang dikembangkan dari E-Office mewujudkan smartcity. Menurutnya, bukan hanya sekedar membuat alat, tetapi kemanfaatan alat ini harus dipercepat dalam rangka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang.

“Harus dibuat program yang mengarah kepada smart economiy, toolsnya sudah ada tinggal The Man Behind The Gun,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Sumedang, Herman Suryatman menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada jajaran Kementerian Desa PDTT atas berbagai masukan dan arahan yang telah diberikan kepada pemda Sumedang.

Baca Juga  Empat Calon Direksi Perumda Tirta Medal Masuk Tes Wawancara, Bupati: Air ‘Ngocor’ 24 Jam

Masukan tersebut, diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan desa termasuk pemanfaatkan elektronik SAKIP desa yang akan diintegrasikan dengan potensi desa, SDGs desa sehingga pengambilan keputusan untuk pembangunan desa, kecamatan dan daerah akan lebih optimal.

“Kami ucapkan terimakasih, karena tadi banyak masukan, bimbingan dan arahan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas pembangunan desa dan daerah termasuk dalam trasnformasi digital,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan, inovasi Kabupaten Sumedang terutama e-SAKIP desa ini, sudah diintegrasikan dengan SID (System Informasi Digital) dan rencananya akan diadopsi menjadi sebuah kebijakan nasional.

“Pencapaian ini harus disyukuri karena kabupaten Sumedang bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk Jawa Barat dan Indonesia. Pada saat kita memberi allah akan memberikan jalan untuk menerima, more you give more you get. Ini sangat relevan dengan fasalah Sumedang, Insun medal insun madangan, aku lahir, aku member penerangan,” tutupnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG