Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 20 Jun 2023 21:38 WIB ·

BNPB Akan Gelar Budaya Masyarakat Sadar Bencana di Sumedang

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Ilustrasi BPBD Sumedang. Perbesar

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Ilustrasi BPBD Sumedang.

SUMEDANGONLINE – Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno menyebutkan Sumedang akan jadi tempat digelarnya event Budaya Masyarakat Sadar Bencana, yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dikatakan dia, rencananya kegiatan tersebut akan digelar di Alun-Alun Sumedang pada 8 Juli 2023 dan akan dihadiri Kepala BNPB, serta para Kepala BPBD di wilayah Jabar.

Lebih lanjut dia menyebutkan event tersebut merupakan salah satu bentuk upaya memberikan sosialisasi terhadap masyarakat, akan pentingnya kesadaran bahaya bencana.

“Sebelumnya kami memohon kepada BNPB agar menggelar event di Sumedang. Karena Sumedang ini rawan bencana. Sehingga masyarakat perlu diberikan pendidikan lebih, terkait sadar bencana,” kata Atang. Selasa (20/6/2023).

Atang menggambarkan, nantinya sosialisasi tersebut dilakukan dalam bentuk gelaran budaya kearifan lokal. Seperti melalui tarian, musik, dan wayang singkat, yang dikemas menjadi pesan pentingnya kesadaran risiko bencana.

“Seremoninya malam hari, akan ada gelar budaya, yang akan diisi artis-artis nasional. Dipadukan dengan koreografi, dimana isi pesannya agar bagaimana masyarakat lebih sadar bencana,” kata Atang.

Selain gelar budaya, kata Atang, kegiatan juga akan diisi dengan penanaman puluhan ribu pohon di seluruh Sumedang. Secara simbolis, penanaman pohon dilakukan di wilayah Cimanggung.

“Kegiatannya ini rehab rekon (RR). Karena di Cimanggung kan pernah terjadi bencana besar,” ujarnya. ***

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG