Menu

Mode Gelap

FEATURE & OPINI · 26 Nov 2018 12:29 WIB ·

Bolehkah Guru “Kaya”

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

HARI-GURU:

SEBELUM tulisan ringan ini dilanjutkan, saya ingin menyampaikan Selamat Hari Guru, kepada seluruh Guru baik yang profesinya Guru maupun setiap kita yang memang menjadi “guru”ba.gi yang lainnya.

Guru, wajib di gugu dan wajib di tiru. Itulah pepatah sunda, kepada warganya. Saking menghargai dan menjadikan guru sebagai orang yang “super”. Tidak boleh membantah apa yang diperintahkan guru, karena perintahnya adalah pendidikan.

Bahkan, tidak sedikit orang yang ingin berprofesi sebagai guru. Karena idolanya, guru, sebagai sosok yang pintar.

Baca Juga  Ini daftar nama-nama calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dapat mengikuti seleksi tertulis

Pertanyaannya, sudahkan guru sejahtera dengan “pengabdian”-nya. Ada guru yang memang sudah kaya, tapi apakah hasil dari profesinya sebagai guru? Belum tentu.

Oleh: Rauf Nuryama, pemerhati masalah politik

Namun, jika guru itu kaya. Pandai mencari uang. Bisnis dan berdagang. Bukan hanya mengajar di sekolah. Maka guru sebagai pengabdian, mungkin akan Semakin tenar. Sayangnya, tidak sedikit guru yang “tidak kaya” bahkan cenderung apa adanya. Cenderung, maaf, secara ekonomi lebih susah dibandingkan anak didiknya yang anak orang “kaya”.

Baca Juga  Putaran Akhir Seri 1, Perses Ditahan Imbang Prima Con FC 1-1

Apakah anak akan tetap mengidolakannya, kecuali anak belajar “baik” dari orangtuanya. Maka untuk menghargai guru, sudah sangat layak guru itu di “Kaya” kan. Minimal Sejahtera. Atau mereka harus mensejahterakan dirinya.

Jangan sampai, guru honorer sengsara karena tidak ada pengakuan padahal dibutuhkan. Semoga, Guru tetap dapat digugu dan ditiru. (*)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA