Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 25 Jun 2020 00:23 WIB ·

Heboh Penemuan Buaya di Jatigede, BKSDA: Warga Diminta Waspada

REPORTER: KOSAM ERAWAN | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Polsek Wado saat mengamankan seekor anak buaya yang tersangkut pancing di kawasan Bendungan Jatigede, Desa Cisurat, Kecamatan Wado. Rabu, 24 Juni 2020.

KOSAM ERAWAN/SUMEDANGONLINE ADA BUAYA: Polsek Wado saat mengamankan seekor anak buaya yang tersangkut pancing di kawasan Bendungan Jatigede, Desa Cisurat, Kecamatan Wado. Rabu, 24 Juni 2020.

SUMEDANG, SO — Warga Desa Cisurat, Kecamatan Wado dihebohkan dengan penemuan anak buaya di Blok Pemancingan Sabren sekira pukul 17.00 WIB. Rabu, 24 Juni 2020.

Menurut keterangan Sabren, sebelum anak buaya tersebut kena pancing. Dia pernah melihat satu buaya dengan ukuran lebih besar dari itu dua hari sebelumnya.

“Ketika saya mancing gabus, itu kan ada rawel. Ternyata begitu diangkat saya kira itu biayawak ternyata yang diangkat itu buaya,” ujar Sabren.

Meski demikian dirinya sempat sanksi dengan binatang yang nyangkut dipancingnya tersebut. Penasaran, dirinya bersama pemancing lainnya dari Kabupaten Indramayu mencoba mengangkat buaya yang sudah terperangkap dalam pancing tersebut.

Baca Juga  Akta Kematian Penting, Ini Alasannya

“Begitu saya angkat, ternyata memang benar buaya. Sebelumnya memang dua hari yang lalu itu kelihata ada yang keluyuran besar, saya kira ular. Bukan yang ketangkap sekarang, lebih gede dari yang ini, dua hari yang lalu,” jelas dia.

Setelah yakin binatang yang didapat merupakan buaya, dirinya lantas melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Desa yang dilanjutkan ke Kepolisian Sektor Wado. Pihak kepolisian lantas menyerahkan buaya tersebut ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat.

“BKSDA bertugas untuk melindungi satwa yang dilindungi. Ini khawatirnya, kalau sudah ada informasi seperti ini, kita harus koordinasi sama masyarakat wanti-wanti kalau misalkan ada induknya. Karena yang dapat sekarang anaknya,” ujar Lili Sumantri Adi Sumarna, perwakilan dari BKSDA Jawa Barat.

Baca Juga  Bongkar Baliho Bupati Sumedang, Aktivis Gempurs Dipolisikan

Karena itu sebut dia, perlu ada koordinasi berbagai pihak untuk melakukan imbauan dengan membuat papan pengumuman agar warga lebih berhati-hati terutama mereka yang bersentuhan dengan air waduk.

“Terutama masyarakat yang senang ngecrik, jaring itu kan langsung bersentuhan dengan air. Kalau mancing kan didarat, tapi tidak menutup kemungkinan juga,” ujarnya.

Dia memperkirakan buaya yang didapat tersebut berjenis buaya muara (Crocodylus porosus, L). Sehingga pihaknya akan mengamankan karena termasuk jenis yang dilindungi. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG