Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 6 Nov 2020 19:21 WIB ·

Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Lakukan Uji Petik Rutilahu di Girimukti

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: USEP ADIWIHANDA

Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara dan perangkat Desa Girimukti, melakukan uji petik rutilahu, Jumat 6 November 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE UJI PETIK: Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara dan perangkat Desa Girimukti, melakukan uji petik rutilahu, Jumat 6 November 2020.

KOTA, SUMEDANGONLINEPendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara bersama perangkat Pemerintah Desa Girimukti, melakukan uji petik rumah tidak layak huni (rutilahu) di Dusun Cihanjir RT 01 RW 10 dan Dusun Panunjang RT 01 RW 09, Jumat 6 November 2020.

Pj Kepala Desa Girimukti Ii Lalan Sojali mengatakan uji petik rutilahu ini, merupakan padat karya tunai desa yang bersumber dari Dana Desa. Hasil musyawarah bersama BPD dan masyarakat lainnya, APBDes 2020 disalurkan untuk dua rutilahu di desanya.

Anggaran untuk dua rumah itu masing-masing Rp 20 juta, yang dialokasikan untuk material dan padat karya tunainya sebesar 35 persen. Dan hasil monitoring ini, rumah sudah beres walaupun ada kekurangan pada kelengkapan rumah yang belum diselesaikan seperti jamban. Itu terbentur dengan swadaya masyarakat yang belum masuk atau ketidaksiapan dari pemilik rumah karena ada kegiatan di luar,” katanya kepada SUMEDANGONLINE.

Dari hasil uji petik rutilahu ini, kata pj kades, dikembalikan kepada Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara.

Baca Juga  Tekan Pertumbuhan Penduduk, TNI Terus Monitoring Program KB Kesehatan

“Tapi secara keseluruhan, 90 pesen sudah beres, tidak ada masalah setelah dikonfirmasi dengan petugas. Kegiatan tersebut sudah sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan,” tuturnya.

Sementara itu Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara, Eni Shoniyati  mengatakan pada dua rutilahu di Girimukti, menurutnya sudah selesai 100 persen dan sudah dihuni. Hanya saja ada satu rumah yang belum dibuatkan kamar mandinya, karena rumahnya dihuni tiga KK.

Baca Juga  [PANDEMIK CORONA] Peputaran Dana Bergulir di UPK Cimalaka Mulai Kena Dampak

“Tadinya mau dibuatkan kamar mandi, itu jadi kamar. Tapi kita tetap mengarahkan kepada pemilik rumah untuk segera membuatkan kamar mandi atau wc, karena itu merupakan standar rumah layak huni. Dan untuk calon penerima rutilahu selanjutnya, tolong diperhatikan, yang pertama jiga mampu silahkan untuk menyiapkan bahan semampunya. Dan perhatikan juga design gambar yang sudah dibuatkan oleh pendaming yang diberikan oleh desa,” tuturnya. ***

Facebook Comments Box
rutilahu-di-girimukti/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.

Tol Cisumdawu Mulai dari Molor Waktu Hingga Diduga Penyebab Banjir

11 Januari 2022 - 12:06 WIB

PPK Fisik Tol Cisundawu Erwin Herlambang

Gubernur Jabar Prakirakan Ruas Tol Cisumdawu Seksi 1 Beroperasi pada Januari 2022

11 Januari 2022 - 11:35 WIB

Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil meninjau proyek Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan di Kabupaten Sumedang, pada Senin (10/01/2022).

Imbas Covid, Angka Kemiskinan di Kabupaten Sumedang Naik Tapi Pengangguran Menurun

10 Januari 2022 - 17:37 WIB

Bappppeda Kabupaten Sumedang gelar kegiatan acara Refleksi Program Pembangunan Tahun 2021 dan Resolusi Program Pembangunan Tahun 2022 serta Kinerja Award di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2021, bertempat di Gedung Negara Sumedang. Senin 10 Januari 2022.

Dandim 0610/Sumedang Berikan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Cipacing

4 Januari 2022 - 13:06 WIB

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa bersama Forkopimcam Jatinangor menyerahkan sembako pada korban bencana banjir di Dusun Cikopo RT 001 RW 003 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Selasa, 4 Januari 2022.

GOW Sumedang Bantu Korban Bencana Banjir Cipacing

31 Desember 2021 - 23:04 WIB

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumedang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumedang, Hj. Susi Gantini, kunjungi lokasi Banjir di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang-Jawa Barat. Jumat 31 Desember 2021.
Trending di SUMEDANG