Home / SUMEDANG

Jumat, 6 November 2020 - 19:21 WIB

Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Lakukan Uji Petik Rutilahu di Girimukti

Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara dan perangkat Desa Girimukti, melakukan uji petik rutilahu, Jumat 6 November 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE UJI PETIK: Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara dan perangkat Desa Girimukti, melakukan uji petik rutilahu, Jumat 6 November 2020.


KOTA, SUMEDANGONLINEPendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara bersama perangkat Pemerintah Desa Girimukti, melakukan uji petik rumah tidak layak huni (rutilahu) di Dusun Cihanjir RT 01 RW 10 dan Dusun Panunjang RT 01 RW 09, Jumat 6 November 2020.

Pj Kepala Desa Girimukti Ii Lalan Sojali mengatakan uji petik rutilahu ini, merupakan padat karya tunai desa yang bersumber dari Dana Desa. Hasil musyawarah bersama BPD dan masyarakat lainnya, APBDes 2020 disalurkan untuk dua rutilahu di desanya.

Anggaran untuk dua rumah itu masing-masing Rp 20 juta, yang dialokasikan untuk material dan padat karya tunainya sebesar 35 persen. Dan hasil monitoring ini, rumah sudah beres walaupun ada kekurangan pada kelengkapan rumah yang belum diselesaikan seperti jamban. Itu terbentur dengan swadaya masyarakat yang belum masuk atau ketidaksiapan dari pemilik rumah karena ada kegiatan di luar,” katanya kepada SUMEDANGONLINE.

Dari hasil uji petik rutilahu ini, kata pj kades, dikembalikan kepada Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara.

Baca Juga  Bhayangkari Fasilitasi Warga Sumedang, Cetak Akta Kelahiran

“Tapi secara keseluruhan, 90 pesen sudah beres, tidak ada masalah setelah dikonfirmasi dengan petugas. Kegiatan tersebut sudah sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan,” tuturnya.

Sementara itu Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kecamatan Sumedang Utara, Eni Shoniyati  mengatakan pada dua rutilahu di Girimukti, menurutnya sudah selesai 100 persen dan sudah dihuni. Hanya saja ada satu rumah yang belum dibuatkan kamar mandinya, karena rumahnya dihuni tiga KK.

Baca Juga  GMBI Sumedang, Haramkan Politik Uang

“Tadinya mau dibuatkan kamar mandi, itu jadi kamar. Tapi kita tetap mengarahkan kepada pemilik rumah untuk segera membuatkan kamar mandi atau wc, karena itu merupakan standar rumah layak huni. Dan untuk calon penerima rutilahu selanjutnya, tolong diperhatikan, yang pertama jiga mampu silahkan untuk menyiapkan bahan semampunya. Dan perhatikan juga design gambar yang sudah dibuatkan oleh pendaming yang diberikan oleh desa,” tuturnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

macet, karnaval mobil hias
Mapolres Sumedang

Pilihan Redaksi

Polisi Masih Dalami Kasus Dugaan Penganiayaan

SUMEDANG

Sehari Jelang Pembukaan MPP Sumedang, Petugas Loket Dirapid

SUMEDANG

Ini Cara Politisi Demokrat dan Forkopimcam Pamulihan, Antisipasi Covid-19
Bupati Sumedang dan Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr. Reny K. Anton, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan Aliansi Penyelenggaraan Pernikahan Sumedang (APPS). Senin, 19 Juli 2021.

Pilihan Redaksi

Dinkes Sumedang Sebut Vaksinasi untuk Pelajar Sudah Dimulai
Sebanyak 13 anggota Polres Sumedang mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 Bhayangkara di Aula Wicaksana Laghawa, Mapolres Sumedang. Kamis, 24 Juni 2021.

SUMEDANG

Sambut Hari Bhayangkara Polres Sumedang Gelar Donor Darah
Kepala Kelurahan Cipameungpeuk Oman Suparman saat memberikan keterangan berkaitan dengan penyaluran bansos Covid-19. Kamis, 18 Juni 2020

SUMEDANG

Warga Kelurahan Cipameungpeuk Tunggu Realisasi Bansos dari Daftar Susulan

SUMEDANG

Bongkar CPA, Petugas Temukan Puluhan Kondom