Menu

Mode Gelap

Nasional · 15 Jul 2021 15:46 WIB ·

%0a %0a

Ini Syarat Mendapatkan Paket Obat Covid-19 dari Pemerintah

Reporter: Redaksi | Editor: Redaksi


 Obat Covid yang didistribusikan. Perbesar

PMJ/YouTube Setpres/SUMEDANG ONLINE
Obat Covid yang didistribusikan.

SUMEDANGONLINE – Paket obat dan vitamin khusus untuk pasien Covid-19 mulai dibagikan oleh pemerintah pada Kamis (15/7/2021) ini. Sebanyak 300 paket akan dibagikan pada tahap pertama di seluruh wilayah Jawa dan Bali, dengan tiga kategori paket.

“Ada tiga jenis paket obat yang dibagikan, masing-masing untuk dikonsumsi selama tujuh hari,” ujar Presiden Joko Widodo seperti yang dikutip dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7/2021).

“Paket 1 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan hasil PCR positif namun tidak bergejala atau OTG. Paket kedua, berisi vitamin dan obat untuk warga yang hasil PCRnya positif serta memiliki keluhan panas dan kehilangan indra penciuman. Paket ini membutuhkan konsultasi atau resep dokter. Lalu paket 3, beriis vitamin dan obat untuk warga positif Covid-19 dengan keluhan panas dan batuk kering, sama butuh konsultasi dokter,” lanjutnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan paket obat tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memaparkan sejumlah syarat dan teknis pembagiannya, seperti berikut:

1. Pasien yang mendapatkan paket obat hanyalah yang sedang melakukan isolasi mandiri dan tercatat dalam dokumen puskesmas setempat
2. Pihak puskesmas akan melakukan triase atau pembagian pasien Covid-19 sesuai kategorinya masing-masing (orang tanpa gejala (OTG) atau orang dengan gejala (ODG) ringan.
3. Pasien Covid-19 memiliki bukti hasil tes PCR yang menyatakan reaktif atau positif.
4. Pasien Covid-19 tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Saya imbau ke masyarakat yang ada di desa, RT dan RW apabila ingin mendapatkan obat tersebut silakan sampaikan ke bidan desa atau puskesmas. Jika data sudah ada, maka Babinsa akan memberikan paket obat tersebut dengan pendampingan bidan desa atau petugas puskesmas,” jelas Hadi. ***

Artikel ini telah dibaca 51 kali

Baca Lainnya

Dony-Erwan Hadiri Malam Pisah Sambut Gubernur Jabar

7 September 2023 - 04:08 WIB

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan didampingi istri menghadiri acara Malam Refleksi Kepemimpinan Jabar Juara dalam rangka Pisah Sambit Gubernur Jawa Barat di Hotel Pullman Bandung. Selasa malam (5/9/2023).

Jabar Usulkan Inggit Garnasih Sebagai Pahlawan Nasional

17 Februari 2023 - 18:40 WIB

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat: Ibu Inggit Garnasih Membersamai Bung Karno Saat Kondisinya Masih Susah

17 Februari 2023 - 18:33 WIB

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil

Presiden Puji Keberhasilan Sumedang Turunkan Angka Stunting Bebasis Platform Digital

18 Januari 2023 - 13:30 WIB

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memuji keberhasilan Kabupaten Sumedang dalam menurunkan angka stunting berbasis platform digital.

Bupati Sumedang Beberkan Keberhasilan Turunkan Stunting di Rakornas Kepala Daerah

18 Januari 2023 - 13:00 WIB

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat menjadi narasumber pada Panel Ketiga Diskusi sebagai best practice penanganan stunting dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023).

Mesjid Raya Al Jabbar Ikon Baru Jawa Barat di Kota Bandung

31 Desember 2022 - 18:29 WIB

Mesjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, akhirnya diresmikan oleh Gubernur Ridwan Kamil sebagai Mesjid Raya Provinsi Jawa Barat, Jumat (30/12/2022).
Trending di Nasional