Menu

Mode Gelap

FEATURE & OPINI · 24 Jul 2018 11:53 WIB ·

Politictainment Akankah Memiliki Efek di Sumedang?

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Rauf Nuryama, pemerhati masalah politik

RAUF NURYAMA1: Rauf Nuryama, pemerhati masalah politik

Oleh: Rauf Nuryama*

POLITICTAINMENT, adalah istiliah yang mungkin belum popular. Perpaduan antara politik dan juga entertainment atau perpaduan antara politik dan hiburan. Para politisi ada yang berprofesi sebagai artis kemudian mengadu nasib jadi bacaleg. Beberapa artia memang sudah sukses menjadj anggota legislatif, sebutlah Anang Hermansyah, Lukman Hakim, Jamal Mirdad, dan lainnya.

Kebanyakan dari mereka adalab bacaleg untuk DPR RI. Lalu adakah untuk Bacaleg DPRD Propinai atau Kabupaten/Kota? Sayangnya penulis kekurangan informasi. Namun bukan itu makaud tulisan ini. Terlepas dari mereka sebagai pesohor, apalah mereka memiliki kemampuan untuk menjadi politikus?

Sebelum terjun menjadi bacaleg, sebaiknya kiya pahami dulu, tugas, fungsi, tanggungjawab sebagai anggota dewan. Sesuai dengan Undang-undang, tugas Anggota Legislatif adalah sebagai Pembuat Undang-undang, kalaj di daerah berbentuk Perda bersama2 dengan eksekutif baik presiden, gubernur maupun Bupati atau Walikota.

Kedua, budgeting atau anggaran. Dewan bersama dengan eksekutif mengatur anggaran baik APBN maupun APBD.

Baca Juga  Hari ke-8 Pedaftaran Caleg di KPU Jabar Masih Sepi

Ketiga, pengawasan jalannya pemerintahan. Dewan harus menjadi alat bagi rakyat untuk melakukan fungsi controling.

Jika ketiga hal ini dipahami, bacaleg biasanya juga harus bisa berbicara. Kudu bisa ngomong. Menyambung aspirasi dan menyampaikan aspirasi masyarakat. Mereka berlatih saat ini bagaimana “menjual” diri kepada masyarakat.

Bacaleg yang sulit berkomunikasi, akan sulit mendapatkan simpati. Komunikasi dalam artian sempit harus bersilaturahmi, sedangkan dalam pengertian lainnya komunikasi adalah perpaduan tiga hal yang sangat penting. Yakni bodylanguage, intonasi dan konten.

Bacaleg yang suka tersenyum, pasti akan lebih banyak disukai. Senyum adalah bagian dari bodylanguage.

Bacaleg yang kalau ngomong intonasinya enak, tinggi rendah dalam ngomongnya, tahu kapan klimaks dalam berbicara, bisa joke, tentu akan lebih banyak disukai.

Bacaleg yang kalau ngomong, runtut, teratur, bicaranya jelas dan terarah. Ini yang disebut konten. Penting, walaupun tidak mutlak.

Rata-rata artis memahami bagaimana bodylanguage, intonasi kalau ngomong, dan tentunya belajar ngomong lebih teratur, tentu menjadi nilai lebih. Belum lagi, artis rata-rata cantik dan ganteng. Mereka lebih menarik, dibandingkan caleg yang bukan artis.

Baca Juga  tentang Penusukan Jamaah HKBP Itu

Namun….

Apakah di daerah, mereka bisa bergaul dengan masyarakat? Akankah mereka bisa meraih hati para pemilih? Jika ya bisa… Habislah riwayat kaum Bacaleg non-artis. Kabar gembiranya bagi yang non-artis, ternyata hampir setia artis yang jadi Bacaleg, tidak semuanya memiliki ilmu politik juga kurangnya memahami ilmu komunikasi, mereka hanya mengandalkan ketenaran saja.

Jadi, akankah para politictainment berhasil meredam politikus dan bacaleg lainnya? Kita lihat episode berikutnya.

Anda, bacaleg, tidak usah dihiraukan tulisan ini. Kecuali anda ingin gagal. Kalau ingin berhasil, segera ambil telp, dan WA penulis untuk kursus kepribadian dan komunikasi. Dengan penulis? Upps jangan. Saya juga masih belajar. Kecuali belajar bersama… Hehehe

*Rauf Nuryama adalah pemerhati masalah politik. Tinggal di Sumedang.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA