Menu

Mode Gelap

SENI DAN BUDAYA · 9 Apr 2010 11:09 WIB ·

HELARAN PUSAKA LELUHUR SUMEDANG

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian

IWAN RAHMAT/SO RESMIKAN RUMAH AMAN SIMPATI ADHYAKSA: Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Acara Maulid Nabi Muhammad S.A.W. 1428 H diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Maulud di Keraton Sumedang Larang komplek Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang, diawali Ritual ngumbah Pusaka – pusaka peninggalan leluhur Sumedang seperti Pedang Ki Mastak peninggalan Prabu Tajimalela raja Sumedang Larang pertama tahun 721 – 778 M, Keris Ki Dukun peninggalan Prabu gajah Agung (893 – 998 M), Keris Panunggul Naga peninggalan Prabu Geusan Ulun (1578 – 1601 M), Keris Nagasasra peninggalan Pangeran Panembahan Bupati Sumedang (1656 – 1706 M), Keris Nagasasra II peninggalan Pangeran Kusumahdinata / Kornel Bupati Sumedang (1791 – 1828), Badik Curul Aul peninggalan Senapati Jayaperkosa dan Mahkota Binokasih peninggalan Prabu Geusan Ulun (1578 – 1601 M).

Ritual Ngumbah pusaka yang diselenggarakan oleh Yayasan Pangeran Sumedang memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk menyaksikan pencucian pusaka – pusaka peninggalan leluhur Sumedang secara langsung.

Ritual ngumbah pusaka yang baru ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mulud / 9 Maret 2008 diawali dengan penurunan Pusaka – pusaka leluhur Sumedang dari tempatnya kemudian pusaka tersebut di cuci satu persatu diawali dengan Pedang Ki Mastak yang dicuci oleh Ketua Yayasan Pangeran Sumedang R. I. Lukman Soemadisoeria . Ritual ngumbah pusaka pada hari pertama adalah 6 buah pusaka peninggalan dari para raja dan Bupati Sumedang, selain pusaka turut dicuci juga Kareta Naga Paksi. dan Gamelan seperti Gamelan Parakan Salak dan Sari Oneng, setelah dicuci gamelan ini tidak boleh ditabuh hingga tanggal 11 Rabiul awal.

Baca Juga  ADAT NGALAKSA di RANCAKALONG

Puncak acara Maulid Muhammad S.A.W. adalah Kirab Helaran Pusaka Leluhur Sumedang yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2008. Acara kirab dikuti oleh wargi keturunan Leluhur Sumedang, yang menjadi perhatian masyarakat adalah ikut sertanya 9 Pusaka Leluhur Sumedang dan Kareta Naga Paksi yang ditarik oleh manusia selain itu rombongan berkuda keturunan raja – raja Sumedang Larang . Acara kirab dimulai dari Gedung Pusaka Museum Prabu Geusan Ulun kemudian menuju ke Gedung Negara (Kompleks Pemkab Sumedang) lalu memasuki Jalan Prabu Geusan Ulun hingga pertigaan Jalan Prabu Geusan Ulun dan Jalan Kutamaya.

Baca Juga  Setelah 200 Orang Anggota APPS Divaksin, Kadisbudpar Sumedang: Target 1.000 Vaksinasi

Ketua Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) Rd.I. Lukman Soemadisoeria menerangkan “Kirab pusaka ini merupakan kegiatan tahunan yang di selenggarakan oleh Kraton Sumedang Larang yakni Yayasan Pangeran Sumedang dan Rukun Wargi Sumedang, pada Helaran tahun lalu memberikan informasi kepada warga Sumedang bahwa peninggalan Kerajaan Sumedang Larang memang kaya dan menjadi bagian dari budaya Sumedang yang harus dilestarikan” ujarnya.

Kerajaan Sumedang Larang merupakan bagian dari kerajaan – kerajaan Sunda, setelah runtuhnya Kerajaan Padjajaran pada tahun 1579 M, Sumedang Larang menjadi penerus Kerajaan Padjajaran dengan di serahkannya Pusaka Padjajaran berupa Mahkota Binokasih oleh empat Senopati Padjajaran kepada Prabu Geusan Ulun raja Sumedang Larang. (Abdul Latief)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Kabid Pariwisata Sumedang Curhat Sektor Pariwisata Paling Terdampak Pandemi

22 Desember 2021 - 10:27 WIB

Elan Nagari selaku Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbudpora Kabupaten saat memberikan sambutan pada acara pelatihan Video Camp 2021 Pemanfaatan Video Storytelling Untuk Sebagai Media Promosi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Desember 2021.

Tel-U – Disparbudpora Sumedang Gelar Acara Video Camp 2021

22 Desember 2021 - 09:55 WIB

Ketua Pelksana, Anggar Erdhina Adi saat memberikan sambutan pada acara pelatihan Video Camp 2021 Pemanfaatan Video Storytelling Untuk Sebagai Media Promosi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Desember 2021.

Kadisbudparpora: Sumedang Kekurangan Orang Kreatif yang Diwadahi Pemda

19 Desember 2021 - 23:04 WIB

Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto menyebutkan Sumedang saat ini masih kekurangan orang-orang kreatif yang diwadahi oleh pemerintah daerah. Hal itu dikatakan Bambang saat membuka acara Festival Film Pendek Sumedang 2021 di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Ahad, 19 Desember 2021.

Gubernur DKI Jakarta, Sambut Baik Festival Kopi dan Tahu Sumedang

10 Desember 2021 - 16:46 WIB

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan apresiasi terhadap acara Festival Kopi dan Tahu Sumedang yang diselenggarakan di Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat.

Kodim 0610/Sumedang Gelar Pentas Seni Jaipong

7 Desember 2021 - 23:40 WIB

Kodim 0610/Sumedang menggelar pentas seni tari jaipong dalam rangka Komsos Kreatif TA.2021 dengan tema "Membentuk SDM Kreatif, Inovatif, dan Adaptif".

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.
Trending di Pilihan Redaksi